Suzuki Ertiga Tak Akan Dibuat Mirip SUV Seperti Mitsubishi Xpander

Berita Otomotif

Suzuki Ertiga Tak Akan Dibuat Mirip SUV Seperti Mitsubishi Xpander

JAKARTA – Suzuki Ertiga dipastikan tidak akan dibuat mirip sport utility vehicle (SUV) pada masa depan, seperti desain kompetitornya Mitsubishi Xpander.

Ertiga merupakan mobil di segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Generasi keduanya baru saja meluncur dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, 19 – 29 April di JIExpo Kemayoran.

Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel menegaskan Ertiga generasi-generasi selanjutnya tak bakal bernuansa SUV maupun crossover karena konsep pengembangannya berbeda dengan Xpander. Harold kemudian sedikit membeberkan bahwa Ertiga ke depannya akan dibuat lebih sporty plus elegan, alih-alih makin mirip mobil di segmen lain.

“Dari perspektif perencanaan produk, Ertiga tidak ditujukan menjadi sebuah crossover. Ertiga ini dikembangkan untuk mengisi pasar LMPV di Indonesia dan MPV di India. Tidak apik rasanya memaksakannya menjadi crossover karena kami punya platform lain yang sudah siap masuk ke pasar untuk segmen itu,” papar Harold di sela-sela IIMS 2018.

Kompetisi di segmen LMPV sendiri semakin ketat sejak dua model, Wuling Confero dan Xpander, hadir pada Agustus 2017. Keduanya menantang pemain-pemain lama semisal Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, hingga Honda Mobilio.

Confero datang dengan harga jauh lebih terjangkau tapi berfitur banyak, sedangkan Xpander mengedepankan desain yang amat mirip SUV. Berbekal diferensiasi itu, Xpander menjadi LMPV terlaris pada kuartal pertama tahun ini.

Direktur Pemasaran SIS Donny Sahputra percaya Ertiga generasi kedua tak bakal tertutup oleh euforia konsumen LMPV terhadap Xpander yang masih terjadi saat ini. Ini karena preposisi maupun target konsumen Ertiga berbeda dengan sang jagoan Mitsubishi tersebut.

All-New Ertiga sendiri ditargetkan terjual sekurang-kurangnya 4.800 unit per bulan. Volume tersebut meningkat 60 persen dibandingkan rata-rata penjualan milik generasi terdahulu. Distribusi All-New Ertiga nantinya dimulai pada pertengahan Mei. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar