Suzuki Alto Mobil Kecil Terbaik di Jepang

Berita Otomotif

Suzuki Alto Mobil Kecil Terbaik di Jepang

TOKYO - Anda tentu tidak terlalu mengenal mobil Suzuki Alto dan Alto Lapin di Indonesia. Tapi di Jepang mobil-mobil kecil ini sangat populer, bahkan sebegitu populernya ditampuk sebagai RJC (Automotive Researchers’ and Journalists’ Conference of Japan (RJC) Car of the Year 2015.

Tampaknya tahun ini menjadi tahun yang menguntungkan bagi mobil-mobil kecil tersebut, sebab sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1979, mobil ini untuk pertama kalinya memenangkan RJC Car of the Year.

Para juri menilai Suzuki Alto memiliki pengubahan terbesar  pada penurunan bobot kendaraan karena menggunakan platform baru. Improvement tersebut menyebabkan manuver dan efisiensi bahan bakar meningkat.

"Perpaduan platform baru dan suspensinya membuat mobil lebih stabil saat menikung, dan ini lebih baik dari Alto model sebelumnya." ucap juri dalam keterangan resmi Suzuki.

Bagi Suzuki predikat RJC Car of the Year tahun ini bukan untuk pertama kalinya, Suzuki pernah memenangkan pada tahun 1993 (WagonR), tahun 2008 (WagonR dan WagonR Stingray), tahun 2005 dan 2010 (Swift), dan 2014 (Hustler).

Sekedar informasi, Suzuki Alto sudah memasuki generasi kedelapan yang diluncurkan pada 22 Desember 2014 sebagai mobil kecil dengan postur tubuh tinggi. Diikuti Alto Turbo RS pada 11 Maret dan Alto Lapin pada 3 Juni. Dan hingga kini sudah terjual 94 ribu unit.

Sementara itu sejak diluncurkan pada tahun 1979, total penjualan Alto sudah menyentuh angka 5.570.000 unit. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter
 

 



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual