Waduh, Sportscar Langka Milik Mantan Pembalap F1 Hancur

Berita Otomotif

Waduh, Sportscar Langka Milik Mantan Pembalap F1 Hancur

MONACO - MCLaren Senna LM milik mantap pembalap F1 Adrian Sutil terlibat kecelakaan, hypercar langka ini tampak hancur.

Yang mengenaskan, mobil dibuat untuk mengenang kejayaan McLaren F1 GTR tahun 1995 di Le Mans ini hanya diproduksi 20 unit saja. McLaren Senna LM sendiri memiliki rancang bangun atau sasis yang sama dengan Senna GTR.

<relatedd McLaren sendiri agak tertutup jika berbicara tentang Senna LM. Terutama berbicara soal detail perbedaan dengan Senna GTR dan tak pernah juga menyebutkan alasan mereka hanya membangun 20 unit saja.

Secara umum ada beberapa titik yang membedakan dari sisi tampilan antara Senna dengan GTR. Mulai dari desain velg palang lima, lengkungan fender depan dengan kisi-kisi, roof scoop hingga sayap belakangnya. 

Dari sisi penggerak disebutkan bahwa mesin V8 twin-turbo 4.0 liter ini telah ditingkatkan dari versi GTR. Termasuk melakukan porting dan polish silinder head.

Adrian Sutil sendiri sudah memiliki Senna LM berwarna orange pepaya ini sejak awal 2020. Serah terima unitnya diposting di akun Instagram (IG) @mclaren.monaco pada 24 Januari 2020.

Dan meski mobil ini miliknya namun sampai berita ini dibuat tidak ada satu keterangan pun apakah Adrian sendiri yang mengendarainya saat kecelakaan. Pada gambar yang beredar, hanya terlihat hypercar langka dalam kondisi rusak parah terutama pada bagian depannya.

Senna LM milik Adrian terlihat menabrak tiang listrik dan juga pembatas jalan. Hampir seluruh bonnetnya rusak akibat benturan.

mclaren senna lm hancur
Tampak bumper yang terbuat dari serat karbon hancur berikut dengan kap mesin dan seperempat panel depannya terlepas jatuh di aspal. Cairan radiator juga tampak bocor dan tumpah ke jalan serta bagian kaca depan dari McLaren Senna LM ini juga terlihat hancur. 

Penyebab kecelakaan sendiri belum diketahui dengan jelas. Dan yang pasti, siapa pun pengendaranya kehilangan kontrol akibat mengendarai mobil ini dengan kecepatan cukup kencang di ruas jalan terbilang sempit. 

mclaren senna lm hancur

Dalam foto juga terlihat bahwa kecelakaan ini melibatkan mobil lainnya. Tampak sebuah mobil berwarna merah dengan airbag yang sudah keluar persis disebelah Senna LM milik Adrian.

Namun tak ada keterangan terkait mobil merah tersebut. Dan terakhir, yang tampak mengenaskan saat melihat hypercar langka itu harus naik dan dibawa pergi oleh truk pengangkut. Mudah-mudahan McLaren Monaco bisa memperbaikinya hingga presisi seperti sediakala.

mclaren senna lm hancur

[Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar