Studi Kia Mengenai Perakitan Mobil di Indonesia Terganggu Pandemi

Berita Otomotif

Studi Kia Mengenai Perakitan Mobil di Indonesia Terganggu Pandemi

JAKARTA –Kia langsung bergerak melakukan studi terkait rencana perakitan mobil di Indonesia, tak lama setelah aktif lagi di bawah Indomobil Group. Namun, pandemi virus Corona (Covid-19) menganggu hitung-hitungan mereka.

Merek asal Korea Selatan ini sempat ‘mati suri’ beberapa tahun di pasar karena kesulitan keuangan di bawah agen tunggal pemegang merek (ATPM) lama. Mereka beroperasi kembali mulai akhir 2019, setelah Indomobil Group mengambil alih dan mendirikan PT. Kreta Indo Artha sebagai ATPM baru Kia. Sport utility vehicle (SUV) Seltos, yang meluncur pada Januari 2020, menjadi model baru pembuka.


Ario Soerjo selaku Marketing and Development Head PT. Kreta Indo Artha, dalam wawancara dengan Mobil123.com pada akhir Juni silam, mengatakan pihaknya mengintip peluang perakitan lokal. Pabrik-pabrik milik Indomobil Group bisa mereka gunakan, tapi ada kemungkinan melakukannya di pabrik Hyundai—merek satu grup—di Cikarang, Bekasi yang masih dalam tahap pembangunan.

Dalam Diskusi Virtual Forum Wartawan Otomotif (Forwot) belum lama ini, Ario kemudian mengaku belum bisa memproyeksikan kapan mereka bisa memulainya. Soalnya, studi visibilitas yang kini sedang berlangsung terhalang pandemi.

“Untuk targetnya (perakitan lokal) kapan, dilihat dari kondisi sekarang, susah saya ngomong. Ini karena pasar otomotif kita belum balik ke kondisi normal,” ujar dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com.

Karena itulah, dia berharap vaksin virus Corona segera bisa ditemukan dan pandemi secepatnya dapat diatasi. Pertumbuhan ekonomi normal Indonesia, yang mencapai lebih dari 5 persen sebelum pandemi, bakal amat mendukung perkembangan penjualan Kia.

“Dari yang saya alami dan pelajari, waktu minimum untuk memulai perakitan lokal setelah studi visibilitas selesai adalah 18 bulan. Itu minimum, ya. Studi visibilitasnya sih sudah berjalan sejak awal, tapi selesainya ini yang kami belum tahu kapan,” tandasnya sambil tertawa.

Riset-riset Kia tidak sepenuhnya berhenti saat pandemi. Mereka tetap melakukan uji jalan untuk calon produk baru yaitu SUV Sonet di sekitar Pulau Jawa.


Kemungkinan Sonet meluncur di Indonesia Ario sebut 90 persen. Sebanyak 10 persen sisanya tergantung dari hasil uji jalan yang dilakukan langsung oleh prinsipal. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar