Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kia Sonet Sedang Tes Jalan di Indonesia, 90 Persen bakal Meluncur

Berita Otomotif

Kia Sonet Sedang Tes Jalan di Indonesia, 90 Persen bakal Meluncur

JAKARTA – Kia Sonet masuk dalam rencana produk dari pabrikan otomotif asal Korea Selatan tersebut di Indonesia. Bahkan, sport utility vehicle (SUV) tersebut saat ini sedang menjalani uji jalan di negeri ini.

Jangan kaget jika melihat Sonet di jalan raya sekitar Pulau Jawa. Ario Soerjo, Marketing and Development Head PT. Kreta Indo Artha sebagai agen pemegang merek (APM) Kia, mengatakan orang-orang dari kantor pusat sedang mengetesnya di area itu. Namun, tidak dijelaskan aktivitas tersebut sudah berlangsung sejak kapan.

“Sonet sedang ada di sini dibawa oleh prinsipal secara langsung. APM tidak dilibatkan, mereka hanya sowan ‘numpang lewat’. Mereka sedang tes jalan jangka panjang hingga beberapa puluh ribu kilometer dalam jangka waktu tertentu,” ucap dia dalam Diskusi Virtual Forum Wartawan Otomotif (Forwot) pada Kamis (27/8/2020).

Sekadar mengingatkan, Sonet adalah SUV teranyar Kia yang baru saja menjalani debut global pada 7 Agustus 2020 di India. Di ‘Negeri Hindustan’, adik dari Kia Seltos itu tersedia dalam tiga pilihan mesin yaitu mesin bensin 1.2-liter empat silinder, mesin bensin 1.0-liter turbo, mesin diesel 1.5-liter.

Opsi transmisinya juga banyak. Sebut saja manual enam percepatan, otomatis enam percepatan, otomatis DCT (Dual Clutch Transmission) tujuh percepatan, atau manual enam percepatan iMT (intelligent Manual Transmission).

“Mesin apa yang mereka (prinsipal) bawa tes jalan ke Indonesia, kami enggak diinfokan,” aku Ario.

Seperti Seltos, fitur-fitur Sonet juga mentereng. Misalnya saja layar sentuh 10 inci, filter pembersih udara dan pembunuh virus, 7 pengeras suara BOSE, Wireless Charging, enam airbag, sistem pengereman ABS+EBD+BA, Electronic Stability Control, Hill Start Assist, Vehicle Stability Management, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS).

“Sonet itu, saat saya melihat sendiri mobilnya, memang sangat menarik mulai dari tampang dan kelengkapannya. Kami sedang pelajari dan memang ingin kami luncurkan secepat mungkin… Bisa saya katakana 90 persen pasti masuk Indonesia. Untuk jadi 100 persen tinggal dari mereka (prinsipal) dari hasil tes jalan,” beber Ario. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang