Kia Sonet Calon Lawan Xpander Cross, Rush dan XL7

Berita Otomotif

Kia Sonet Calon Lawan Xpander Cross, Rush dan XL7

JAKARTA – Agen pemegang merek Kia di Indonesia sedang menjajaki kemungkinan menjual Kia Sonet yang fitur-fiturnya amat menggoda. Harganya sendiri, jika jadi diimpor utuh dari India, bakal setara dengan model-model low sport utility vehicle (LSUV) seperti Mitsubishi Xpander Cross serta Toyota Rush.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sonet menjalani debut global di India pada awal Agustus 2020. Prinsipal Kia di Korea Selatan kini sedang melakukan uji jalan untuk model tersebut di sekitar Pulau Jawa dan peluangnya mengaspal secara resmi di negeri ini mencapai 90 persen.

Ario Soerjo, Marketing and Development Head PT. Kreta Indo Artha, menjelaskan posisi produk Sonet ada di bawah Seltos yang sudah terlebih dahulu diperkenalkan di Indonesia pada Januari 2020. Karena itu, harga Sonet pun bakal lebih murah darinya, jika jadi hadir.

“Itu sudah pasti (posisinya di bawah Seltos). Di Indianya, kan, memang ‘adiknya’,” ucap dia dalam Diskusi Virtual Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) pada Kamis (27/8/2020).

Sekadar mengingatkan Seltos terdiri dari tiga tipe yang seluruhnya bermesin 1.4-liter turbo dengan transmisi otomatis 7-percepatan Dual-Clutch (DCT). Rentang banderolnya adalah Rp 295 – 355 juta on-the-road Jakarta.

“(Harga) Sonet, nanti kita lihat, siapa sih lawannya di sini yang benar-benar. Ini karena di kelasnya dia itu isinya sekarang antara MPV (multi purpose vehicle) tujuh penumpang yang di-crossover-kan atau benar-benar SUV tujuh penumpang yang masih pakai ladder frame (sasis tangga),” ungkap Ario.

Dia memang tidak secara gamblang menjelaskan nama-nama calon kompetitor Sonet di Nusantara. Akan tetapi, penjelasannya mengacu pada model-model SUV Rp 200 juta-an atau LSUV.

Model MPV yang di-crossover-kan di kelas Rp 200 juta-an adalah Xpander Cross maupun Suzuki XL7. Sementara, SUV tujuh penumpang bersasis tangga dengan harga Rp 200 juta-an antara lain adalah Rush atau Daihatsu Terios.

Sonet sendiri memiliki daftar fitur mentereng. Di antaranya layar sentuh 10 inci, filter pembersih udara dan pembunuh virus, 7 pengeras suara BOSE, Wireless Charging, enam airbag, sistem pengereman ABS+EBD+BA, Electronic Stability Control, Hill Start Assist, Vehicle Stability Management, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS).

Ario mengaku belum tahu apa spesifikasi mesin maupun transmisi yang paling mungkin masuk ke Indonesia. Pasalnya, Sonet punya tiga tipe mesin dan transmisi, di antaranya mesin 1.5-liter diesel dan transmisi otomatis DCT. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar