Sportifitas Hyundai RM16

Mobil Baru

Sportifitas Hyundai RM16

BUSAN - Hyundai Motor Company menampilkan Hyundai RM16 terbaru yang merupakan hasil dari Project RM (Racing Midship). Ini adalah jawaban Hyundai untuk pecinta mobil sporty.

Di ajang Busan International Motor Show 2016 yang diadakan dari tanggal 2 – 12 Juni 2016 di BEXCO Auditorium di Busan, Korea Selatan, Hyundai menampilkan mobil ini.

Sebagai informasi, Project RM ini dimulai dari tahun 2012 dengan misi menghasilkan sebuah kendaraan berteknologi tinggi dan memiliki performa mesin yang canggih. Faktor-faktor itu dipercaya akan memegang peranan penting dalam R&D untuk kendaraan high performance dari Hyundai Motor yaitu ‘N’ models.

Artikel bersambung dibawah

Kelahiran RM16 ini diawali dengan RM14, dimana diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 2014 di Busan International Motor Show. Lalu disempurnakan lagi teknologinya dengan lahirnya RM15 pada tahun 2015 di Seoul Motor Show.

Hyundai RM16 mewakili kemajuan teknologi yang dikembangkan secara berkesinambungan oleh Hyundai Motor dengan merepresentasikan dan mengedepankan pengembangan high performance technology dalam format mid-engine, lightweight, high-performance two-seat concept.

"Teknologi RM ini akan terus berjalan dan berkelanjutan dimasa mendatang karena RM memegang peranan penting sebagai ‘rolling lab’ dari pengembangan ‘N’ models di masa depan yang dedicated sebagai kendaraan yang memiliki high performance technology,” ujar Albert Bierman – Head of Hyundai Motor Vehicle Test & High Performance Development.

Seperti RM models sebelumnya desain dari RM16 fokus pada performa, tampilan depan yang agresif dengan low-extended hood, model headlamps yang slim.

Hyundai RM16 ini disokong oleh mesin 2.0 Theta Turbo-GDI engine yang di tuning menjadi 300PS. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi manual 6-speed.

Tidak hanya mengandalkan tampang garang dengan mesin kuat, Hyundai RM16 juga diracik sedemikian rupa oleh Hyundai agar bisa berlari kencang tapi tetap memiliki stabilitas mumpuni.

Hyundai RM16 memiliki pembagian bobot (weight distribution) 43% di bagian depan dan 57% di bagian belakang. Sasis mobil ini terbuat dari aluminium yang berkualitas tinggi namun ringan.

Sedangkan body-nya terbuat dari carbon fiber yang diperkuat dengan plastic body panel (Carbon Fiber Reinforced Plastic-CFRP). 

Menurut Hyundai, generasi terbaru ini telah mengalami evolusi pada aerodinamika, stabilitas hingga peningkatan kemampuan di jantung mekanisnya.

Hyundai RM16 juga menerapkan teknologi baru seperti electric supercharger, electronic limited slip differential (E-LSD) dan juga automatically controlled rear spoiler. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual