Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Spesifikasi, Fitur dan Harga Honda BeAT Street; Rival dari X-Ride dan Nex Crossover

Panduan Pembeli

Spesifikasi, Fitur dan Harga Honda BeAT Street; Rival dari X-Ride dan Nex Crossover

Sejak diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada tanggal 19 Oktober 2016, Honda BeAT Street memberi pilihan lain untuk motor BeAT. Skuter ini memiliki peampilan dengan stang tinggi layaknya motor adventure yang mencari kombinasi antara gaya, performa, dan efisiensi. 

Berikut kami akan membahas sejarah, spesifikasi, fitur, harga serta kelebihan dan kekurangan Honda BeAT Street.

Sejarah Honda BeAT Street

Honda BeAT Street hadir pada 2016 silam sebagai bagian dari keluarga Honda BeAT yang telah terbukti sukses. Perbedaan utamanya terletak pada desain naked handlebar (stang) yang memberikan nuansa yang lebih urban dan modern, serta panel meter digital yang memberikan tampilan yang segar dan informatif.

Spesifikasi Honda BeAT Street

Dimensi Honda BeAT Street

Dimensi motor ini memiliki panjang 1.877 mm, tinggi 742 mm, lebar 1.030 mm, tinggi tempat duduknya juga tidak terlalu tinggi yaitu 740 mm. Beat Street memiliki wheelbase 1.256 mm, jarak terendah ke tanah 147 mm serta berat 89 kg. Ukurannya yang ringkas membuat motor ini cocok digunakan sebagai kendaraan sehari-hari menembus kemacetan karena dimensinya yang tidak terlalu besar.

Mengenai pilihan warna Honda BeAT Street hanya tersedia dua yaitu Street Silver dan Street Black.

Mesin Honda BeAT Street

Honda BeAT Street menggunakan mesin yang sama dengan motor Honda seperti Scoopy dan Genio yaitu mesin berkapasitas 109,5cc 4-langkah, SOHC, eSP, Injeksi (PGM-FI) dengan diameter 47 mm, langkah 63,1 mm, rasio kompresi 10:1 yang dipadukan dengan transmisi otomatis V-Matic.

Dari mesin tersebut, di atas kertas mencatat tenaga maksimal 6,6 kW (9.0 PS) / 7.500 rpm dan torsi 6,6 kW (9.0 PS) / 7.500 rpm, masih tersedia dua stater yaitu elektrik dan kick starter.

Honda BeAT Street menggunakan rangka jenis eSAF yang sedang ramai diperbincangkan beberapa waktu lalu karena terdapat karat. Lalu beralih ke bagian kaki-kakinya suspensi depan menggunakan tipe Teleskopik, dan belakangnya memakai peredam kejut tunggal.

Peleknya berukuran 14 inci dibalut ban depan 80/90 belakang menggunakan profil ban sedikit lebih besar yaitu 90/90. Pada bagian pengereman depan sudah menggunakan rem cakram dengan piston tunggal rem belakangnya masih menggunakan tromol tetapi sudah dilengkapi dengan fitur combi brake system yang membuat performa pengereman lebih baik.

Kapasitas tangki bahan bakar bisa menampung 4,2 liter, dan menurut klaim AHM 1 liter bensinnya dapat menempuh jarak 60,6 km dengan metode WMTC, jadi dalam keadaan tangki bbm penuh motor ini bisa menempuh jarak 254 km, cocok untuk Anda yang menginginkan motor yang hemat bbm.

Fitur Honda BeAT Street

Mari kita telusuri fitur-fitur yang dimiliki Honda BeAT Street, serta kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih motor ini.

  • Combined Digital Panel Meter, panel meter digital yang memberikan informasi berkendara secara akurat, juga menambah nuansa stylish pada tampilan motor. Dilengkapi dengan lampu indikator ECO, pengemudi dapat dengan mudah mengoptimalkan konsumsi bahan bakar.
  • Tuas Pengunci Rem, fitur ini tidak hanya memudahkan saat berhenti di tanjakan atau turunan, tetapi juga meningkatkan keselamatan dengan mencegah motor loncat saat mesin dihidupkan.
  • Combi Brake System, sistem pengereman ini memastikan keseimbangan yang tepat antara roda depan dan belakang, memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman di berbagai kondisi jalan.
  • Power Charger, fitur ini memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung dengan dunia digital mereka, menjaga perangkat elektronik tetap terisi daya saat dalam perjalanan. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya tersedia untuk tipe CBS-ISS dengan daya maksimal 12 W (12V 1A).
  • Secure Key Shutter dengan Seat Opener, kemudahan yang ditawarkan oleh fitur ini membuat penyimpanan barang-barang favorit semakin praktis.
  • Lampu Depan LED, desain lampu depan modern tidak hanya menambah kesan futuristik pada motor, tetapi juga meningkatkan visibilitas pengendara di malam hari.
  • Standar Samping Otomatis, fitur ini meningkatkan keselamatan pengendara dengan mencegah mesin dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun.
  • Bagasi Luas 12L, dengan kapasitas bagasi yang besar, Honda BeAT Street memungkinkan pengguna untuk membawa barang bawaan lebih banyak dengan nyaman.
  • Ban Tubeless dengan Desain Pelek Sporty, desain pelek palang delapan yang sporty ditambah dengan keandalan ban tubeless yang mengurangi risiko kebocoran ban di jalan.
  • Tangki Bensin 4,2L, kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk melakukan perjalanan jauh tanpa perlu sering mengisi bahan bakar.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Beat Street

Kelebihan Honda BeAT Street

Irit Bahan Bakar

AHM selaku produsen menyebut bahwa 1 liter bahan bakarnya dapat menempuh jarak 60,6 km dengan metode WMTC, Honda BeAT Street menawarkan efisiensi yang mengesankan, cocok untuk penggunaan sehari-hari maupun perjalanan jarak jauh.

Dimensi yang Tidak Terlalu Besar

Dimensi yang proporsional membuat Honda BeAT Street mudah untuk dikendalikan dan manuver di tengah kemacetan perkotaan.

Kekurangan Honda BeAT Street

Belum Dilengkapi dengan Fitur ISS

Fitur Idling Stop System (ISS) yang membantu menghemat bahan bakar belum tersedia pada Honda BeAT Street.

Pilihan Warna Terbatas 

Hanya tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan silver, yang mungkin tidak memenuhi selera konsumen yang menginginkan variasi yang lebih banyak dalam tampilan motor mereka.

Harga Honda BeAT Street

Beat Street hanya tersedia satu varian dengan harga Rp18,7 juta.

Kisaran harga bekas Honda BeAT Street berada di angka Rp9 jutaan sampai Rp17 jutaan, berikut kisaran harga tiap tahunnya mulai dari 2016 sampai 2023:

  • Kisaran harga Honda BeAT Street bekas tahun 2016 mulai dari Rp9 juta- Rp11 juta
  • Kisaran harga Honda BeAT Street bekas tahun 2017 mulai dari Rp10 juta- Rp12 juta
  • Kisaran harga Honda BeAT Street bekas tahun 2018 mulai dari Rp11 juta- Rp13 juta
  • Kisaran harga Honda BeAT Street bekas tahun 2019 mulai dari Rp12 juta- Rp13,5 juta
  • Kisaran harga Honda BeAT Street bekas tahun 2020 mulai dari Rp13 juta- Rp15,5 juta
  • Kisaran harga Honda BeAT Street bekas tahun 2021 mulai dari Rp14 juta- Rp16 juta
  • Kisaran harga Honda BeAT Street bekas tahun 2022 mulai dari Rp14,5 juta- Rp16,5 juta
  • Kisaran harga Honda BeAT Street bekas tahun 2023 mulai dari Rp15 juta- Rp17 juta

Harga Honda BeAT Street bekas bervariasi tergantung pada lokasi dan penjual.

Aksesoris Honda BeAT Street

Ada beberapa aksesoris yang dijual secara terpisah oleh AHM untuk menambah kesan premium yang membuat berbeda dari Honda BeAT Street pada umumnya, berikut aksesorisnya:

  • Garnish Front Winker
  • Garnish Fan Cover
  • Garnish Cover Muffler
  • Seat Cover
  • Rubber Step Floor
  • Garnish Air Cleaner
  • Garnish Panel Meter
  • Hand Guard

Beda dengan Beat biasa

Perbedaan antara BeAT Street dan BeAT terletak pada pengguna stang lebar ala motor adventure yang mempengaruhi rasa berkendara saat meliuk-liuk di kemacetan serta penggunaan decal yang lebih ramai dibanding Beat.

Rival Honda BeAT Street

Honda BeAT Street berhadapan dengan Yamaha X Ride dan Suzuki Nex Crossover baik dari segi desain dan harga, berikut tabel perbandingan dimensi serta harga ketiga motor ini:

 

Honda BeAT Street

Yamaha X Ride

Suzuki Nex Crossover

Panjang

1.877 mm

1.860 mm

1.890 mm

Lebar

742 mm

740 mm

765 mm

Tinggi

1.030 mm

1.070 mm

1.055 mm

Tinggi tempat duduk

740 mm

760 mm

-

Wheelbase

1.256 mm

1.260 mm

-

Jarak terendah

147 mm

-

-

Harga

Rp18,7 juta

Ro20,2 juta

Rp20,6 juta

Dengan keunggulan fitur, performa serta keiritan bahan bakarnya, Honda BeAT Street bisa menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari motor yang berbeda dari umumnya dan efisien untuk mobilitas perkotaan. Namun, sebelum membuat keputusan pembelian, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi Anda serta memperhatikan kekurangan yang dimiliki oleh motor ini.

[Ryn/YS]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang