Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Spesifikasi dan Fitur Toyota Century 2022, Mobil Paling Mewah di Jepang

Review

Spesifikasi dan Fitur Toyota Century 2022, Mobil Paling Mewah di Jepang

Toyota Century di tahun 2022 ini adalah mobil Jepang paling mewah dan paling eksklusif yang pernah dibuat. Mobil ini spesial karena dibuat oleh salah satu pabrikan mobil  terbesar di dunia yaitu Toyota dan mobil ini mencerminkan kemewahan, kekuasaan serta nilai-nilai kultur Jepang.

Mobil ini seakan-akan merefleksikan keabadian karena pertama kali dibuat pada 1967. Generasi pertama dari Toyota Century ini bertahan hingga 30 tahun dari 1967 sampai 1997. 

Pada generasi ini terdapat beberapa mesin yang digunakan yaitu pada 1967 menggunakan mesin V8 2600cc lalu pada 1973 mendapat upgrade menjadi V8 3400cc injeksi dan pada 1982 mengganti mesin menjadi V8 4000cc.

Toyota Century 2022

Serta pada generasi pertama terdapat 3 pilihan bodi mulai dari standar dengan panjang 5.120mm, long wheelbase 5.270 mm dan limousine 5.770 mm.

Dan mobil ini memang dibuat sebagai di ultimate car mungkin bisa dibilang sebagai rolls royce-nya Jepang.

Kemudian generasi keduanya itu dari 1997 sampai 2018 generasi kedua ini bertahan selama 21 tahun. Mesin yang digunakan pada generasi ini hanya satu saja yaitu V12 5000cc berkode 1GZ-FE dan mesin ini hanya digunakan oleh Toyota Century.

Sayangnya mesin ini terkena peraturan mengenai pembatasan tenaga mesin sehingga tenaga mesin yang dihasilkan hanya 280 Hp dan torsi 481 Nm. 

Pilihan bodi generasi ini hanya satu saja yaitu dengan panjang 5.270 mm, sudah lebih panjang dari BMW seri 7 maupun Mercedes S class di waktu itu.

Lalu generasi ketiganya hadir pada 2018 sampai sekarang artinya mobil dengan usia 55 tahun baru mengalami 3 kali pergantian generasi.

Apa Saja Keistimewaan yang Dimiliki Toyota Century 2022? 

Eksklusivitasnya karena Century generasi ketiga ini hanya diproduksi untuk pasar Jepang tidak diproduksi untuk negara lainnya di dunia dan produksinya pun dibatasi hanya 600 unit per tahun.

Produksi yang terbatas akibat dari Toyota Century 2022 ini dirakit menggunakan tangan-tangan ahli dengan Quality Control yang diawasi sangat ketat.

Eksterior Toyota Century 2022

Toyota masih mempertahankan citra Century itu sebagai mobil mewah yang terlihat dari detailnya seperti bagian catnya yang berkualitas sangat baik, kabin yang kedap dan nyaman serta aksen krom yang mengelilingi bagian bawahnya serta beberapa bagian lain tidak terlihat norak atau berlebihan saat dipadukan dimobil ini.

Tidak seperti Toyota kebanyakan, Toyota Century tidak ada logo Toyota sama sekali yang ada hanya logo Century yang berbentuk burung Phoenix yang diukir menggunakan tangan, yang berarti keabadian dan kehebatan Logo ini merefleksikan keluarga kekaisaran Jepang.

Mobil ini sangat panjang bahkan hampir 6 meter, tujuan panjang kendaraan ini memberi ruang lebih pada bagian penumpang. detail dimensinya ialah (PxLxT) 5.335 mm x 1.505 mm x 1.930 mm serta wheelbase nya 2.165 mm.

Detail dimensi Toyota Century 2022

Panjang

5.335 mm

Lebar

1.505 mm

Tinggi

1.930 mm

Wheelbase

2.165 mm

Ground clearance

135 mm

Detail mesin Toyota Century 2022

Jenis mesin

2UR-FSE V8

Kapasitas mesin

4.968 cc

Tenaga

375 hp

Torsi

510 Nm

Transmisi

Otomatis CVT

Konsumsi BBM

1:13,7 km/liter

Tenaga Tambahan Mesin Hybrid

220 hp dan 300 Nm

Fitur di bagian eksterior yang disematkan juga seperti pada mobil mewah umumnya yaitu, pada semua bagian pintu sudah dilengkapi dengan vacuum door, suspensi sudah menggunakan air suspension untuk kenyamanan yang optimal. 

Walaupun desain lampu depan dan belakangnya klasik tetapi dilengkapi dengan teknologi LED cornering lamp serta adaptive projector, tidak ketinggalan headlamp washer yang akan muncul jika diaktifkan.

Menggunakan velg berdiameter 18 inci dengan bahan alumunium serta dibalut dengan ban berukuran 225/55 yang dapat melakukan peredaman secara maksimal.
 
Pada generasi ketiga ini Toyota Century menggunakan mesin yang tidak eksklusif lagi seperti generasi sebelumnya kini dibekali mesin berkapasitas 5000 cc V8 berkode 2UR-FSE yang dilengkapi dengan sistem Hybrid yang mengambil basis dari Lexus LS600h.

Dari mesin ini menghasilkan tenaga 375 HP serta torsi 510 dari mesin bensinnya dan tenaga tambahan dari mesin listriknya yaitu 220 Hp dan 300 Nm yang disalurkan ke dua roda belakang lewat transmisi CVT.

Menurut klaim pengetesan yang dilakukan di Jepang dengan sistem Hybrid di rute kombinasi masih bisa 13,7 km per liter yang mana itu sangat hemat untuk sebuah mobil sebesar ini.

Interior Toyota Century 2022

interior Toyota Century 2022

Beralih ke bagian interior apakah bagian interiornya semewah eksteriornya?
Toyota Century diciptakan memang untuk menggunakan jasa supir artinya pemilik kendaraan ini akan lebih banyak duduk di bagian belakang daripada mengendarai mobil.

Tetapi mengendarai mobil ini juga nyaman karena dilengkapi dengan 3 memory seat, pengaturan kemudi secara elektrik baik untuk tilt maupun telescopic, serta pengaturan seat belt yang bisa dinaik turunkan secara elektrik juga.

Panel Speedometer Toyota Century ini cukup sederhana yaitu terdiri dari 2 dial besar serta 1 layar di tengahnya yang berisi informasi mengenai kapasitas bensin, energi meter, penunjuk kecepatan, jam, suhu di luar, indikator transmisi, dan odometer.  

Lalu pada bagian kemudi di sebelah kiri terdapat pengaturan untuk MID dan multimedia seperti membesarkan volume dan mengecilkan volume di sebelah kanannya dilengkapi dengan pengaturan Lane Departure Assist dan Cruise Control.

Beralih ke bagian tengah terdapat sekat antara kabin depan dan kabin belakang yang dipisahkan oleh layar dan panel AC. kemudian bagian jedelanya terdapat tirai klasik yang dapat diatur secara elektrik melalui panel yang berada ditengah.

Layar pengontrol bagian tengah sama seperti yang digunakan pada Lexus selain mengatur buka tutup tirai belakang, dilayar ini terdapat pengaturan AC, entertainment system,kursi pijat, penghangat dan pendingin serta Ottoman yaitu fitur yang berfungsi untuk pengaturan baik maju atau mundurkan kursi penumpang depan dan melipatnya sampai muncul sandaran untuk kaki.

Pada fitur entertainment dilengkapi dengan layar 11,6 inci yang dapat terkoneksi melalui bluetooth serta 20 speaker.

Untuk fitur keamanan terdapat Toyota Safety Sense yang didalamnya terdapat Adaptive Cruise Control yaitu fitur yang dapat menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan didepannya serta menjaga jarak aman.

Fitur dan Harga Toyota Century 2022

fitur Toyota Century 2022

Kemudian ada fitur Lane Departure Alert with steering control function yang berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pengemudi saat kendaraanya keluar dari jalurnya.

Dan fitur lainnya seperti pre-crash safety, blind spot monitoring, parking support alert, 9 airbags serta fitur lainnya seperti EV mode, tire pressure monitoring system dan pilihan drive mode.

Serta ada fitur unik HELPNET dan D-Call New 10 yaitu kedua fitur ini bekerja untuk melakukan panggilan dalam kondisi darurat. bedanya HELPNET bekerja melalui deteksi dari airbag yang mengembang saat terjadi tabrakan lalu mengirimkan pesan ke pihak yang berwajib sedangkan D-Call Net10 berfungsi untuk memanggil ambulance.

Mobil ini sangat mahal karena eksklusifitasnya serta bahan yang digunakan sehingga penggunanya kebanyakan dari kalangan atas seperti kaisar jepang dan bos Toyota sendiri. 

Jika Toyota Century ini diprediksi ketika masuk di tanah air harganya dapat mencapai Rp10-11 miliar.

konsol Toyota Century 2022



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang