Spesifikasi All New Toyota Veloz, Perbedaannya dengan Avanza Terbaru Banyak!

Berita Otomotif

Spesifikasi All New Toyota Veloz, Perbedaannya dengan Avanza Terbaru Banyak!

JAKARTA – All New Toyota Veloz bukan sekadar berbeda aksesori dari All New Toyota Avanza. Pada generasi termutakhir, beda di antara keduanya cukup jomplang.

All New Veloz diperkenalkan secara virtual di Indonesia bersama-sama dengan All New Avanza, Rabu (10/11/2021). Toyota memberitahukan mulai generasi terkini, Veloz dan Avanza merupakan dua merek berbeda.

All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz 2022

All New Veloz terdiri dari tiga tipe yaitu 1.5 MT, 1.5 Q MT, dan 1.5 Q CVT TSS. Rentang harganya ketika meluncur dimulai dari Rp251,2-291,5 on the road (OTR) Jakarta.

Bagaimana spesifikasi Veloz generasi kedua? Berikut ulasan mengenai model yang pertama kali meluncur pada 2011 sebagai tipe termewah Avanza ini, berdasarkan data yang diberikan Toyota.

Dimensi, Platform, dan Eksterior All New Toyota Veloz

All New Toyota Veloz 2022

Postur All New Veloz berbeda dari All New Avanza. Dimensi panjang, lebar, dan tingginya masing-masing 4.475 mm, 1.750 mm, dan 1.700 mm.

Bandingkan dengan All New Avanza dengan panjang 4.395 mm, lebar 1.730, serta tinggi 1.700 mm (selain tipe 1.3 E MT yang 1.665 mm).

Akan tetapi jarak sumbu roda alias wheelbase kedua model sama-sama 2.750 mm. Demikian pula komponen suspensi maupun basisnya yang kompak menggunakan Front Engine – Front Wheel Drive (FF).

Dari nama platform itu, dapat diketahui dengan gampang kalau All New Veloz dan All New Avanza berpenggerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD). Ini berbeda dengan Avanza generasi pertama (2003-2011) maupun generasi kedua (2011-2021) yang berpenggerak roda belakang (Rear Wheel Drive/RWD).

Gril heksagonal dengan kisi-kisi menyerupai sarang lebah berwarna hitam pada All New Veloz, ditambah aksen garis kromium pada bagian atasnya, berbeda dengan desain gril All New Avanza. Demikian pula jika melihat lekuk-lekuk pada kap mesin, bemper depan, rumah fog lamp, plus lampu depan dengan bohlam LED dan sequential turn signal.

Pada sisi samping, diferensiasi All New Veloz antara lain terdapat pada ukuran pelek yang lebih besar (17 inci), desain pelek, penyematan side stone guard, maupun lekuk overfendernya. Lalu, keempat ban menggunakan rem cakram—pada All New Avanza dua ban belakang masih menggunakan rem tromol.

Pada sisi belakang, perbedaan All New Veloz yang paling cepat terdeteksi ialah full backdoor lamp dan juga desain bemper yang lebih berkesan crossover.

Interior All New Toyota Veloz

All New Toyota Veloz 2022

Desain dasbor sebenarnya All New Veloz serupa dengan All New Avanza. Namun, ada balutan material kulit empuk (soft touch) pada dasbor All New Veloz, demikian pula pada pintu-pintunya.

Setir dengan pengaturan tilt plus telescopic yang memiliki Audio Steering Switch sudah berbalut material kulit, dengan warna lebih berkesan mewah. Adapun jok kulit memadukan bahan fabric dengan kulit, dengan fleksibilitas pengaturan kursi yang sama dengan All New Avanza karena memiliki ‘Long Sofa Mode’.

Kerennya, meter cluster All New Veloz sudah sepenuhnya digital. Ini masih ditambah lagi dengan Multi Information Display TFT 7 Inci.

Fitur All New Toyota Veloz Lebih Mewah dan Canggih

All New Toyota Veloz 2022

Fitur-fitur All New Veloz benar-benar menggoda. Kelengkapannya jauh lebih mewah sekaligus canggih ketimbang All New Avanza.

Ada, misalnya, Head Unit 9 Inci dengan Android Auto dan Apple Carplay, T Intouch, Wireless Charger, Electric Parking Brake with Auto Brake Hold, Auto Digital AC, Rear Seat Entertainment, All Round View Camera.

Semua yang disebutkan di atas tidak dimiliki All New Avanza.

Fitur-fitur lain ialah Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, sistem pengereman ABS+EBD+BA, 6 airbag.

Lalu, ada pula Toyota Safety Sense (TSS). Teknologi bantuan pengemudian aktif ini terdiri dari fitur Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, kemudian Front Departure Alert.

Mesin All New Toyota Veloz

All New Toyota Veloz 2022

Di sektor ini, All New Avanza 1.5-liter maupun All New Veloz masih identik. Ada mesin bensin 2NR-VE berkapasitas 1.5-liter yang tenaga maupun torsinya ditingkatkan sedikit menjadi 106 ps dan 14 Kgm.

Ini dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan atau girboks otomatis CVT. Transmisi otomatis barunya menjanjikan akselarasi lebih halus dan efisiensi bahan bakar lebih baik. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar