Solusi Menarik Nissan di Era Mobil Listrik, Bayar Parkir Pakai Setrum

Berita Otomotif

Solusi Menarik Nissan di Era Mobil Listrik, Bayar Parkir Pakai Setrum

YOKOHAMA – Era mobil listrik memicu munculnya ide-ide unik mengenai pemanfaatan energi di dalam kendaraan saat sedang tidak dipakai.

Sebelum ini, sudah ada ide memanfaatkan energi mobil listrik yang sedang diam di garasi untuk membantu ‘menghidupkan’ rumah. Kini, seperti dilaporkan Carscoops pada Selasa (4/8/2020), ada lagi ide membayar biaya parkir dengan setrum mobil listrik dari Nissan.

Cara ini mereka klaim sebagai yang pertama di dunia. Mobil listrik yang sedang dicas di area parkir dapat pula melepas setrum untuk untuk membayar lahan yang dipakai.

Metode tersebut sudah dipakai di Nissan Pavilion, Yokohama, Jepang. Fasilitas baru untuk pamer teknologi Nissan ini sudah dibuka untuk publik mulai 1 Agustus 2020.

Produsen mobil asal ‘Negeri Sakura’ tersebut bakal mempersilakan publik hadir dan menyaksikan kemajuan riset dan pengembangan mereka sampai 23 Oktober mendatang. Lokasi Nissan Pavilion sendiri berada di dekat kantor pusat mereka.

Banyak hal keren yang bisa dilihat di sana. Seperti misalnya kepintaran sistem pengemudian otonom ProPILOT, teknologi Invisible-to-Vehicle (I2V) Nissan, serta merasakan layanan berbagi kendaraan (car-sharing) serta penyewaan sepeda.

Para pengunjung juga dapat memainkan tenis virtual dengan juara Grand Slam dan Duta Nissan Naomi Osaka. Nissan juga menawarkan pengalaman virtual mengemudikan mobil balap Formula E mereka plus crossover listrik Nissan Ariya yang belum lama menjalani debut global.

Para pengunjung Nissan Pavilion dapat pula minum kopi di café yang ditenagai oleh baterai Nissan Leaf plus sinar matahari.

“Paviliun adalah tempat para konsumen dapat melihat, merasakan, dan terinspirasi dengan visi masa depan yang tak terlalu lama lagi bagi masyarakat maupun mobilitas. Dengan semakin beralihnya dunia ke mobilitas yang menggunakan kendaraan berbasis baterai, mobil listrik akan terintegrasikan dengan masyarakat untuk hal-hal di luar transportasi,” ucap Makoto Uchida, Chief Executive Officer (CEO) Nissan Motor Corporation.

Nissan adalah salah satu pabrikan yang unggul dalam urusan mobil listrik. Mereka menjadi yang pertama di dunia memproduksi massal kendaraan berteknologi ini, yaitu Leaf. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar