SOIB, Motor Prancis Nama Indonesia

Berita Otomotif

SOIB, Motor Prancis Nama Indonesia

JAKARTA - Di tengah gempuran merek-merek asing di pasar sepedamotor, semangat untuk memiliki merek nasional masih membara. Kabar baiknya, ada sebuah brand nasional yang bersiap untuk lahir. Namanya, SOIB Motor.

SOIB Motor dicetuskan oleh Hobby Motor, sebuah perusahaan yang biasa melakukan jual-beli motor-motor CBU. Tapi kini, Hobby Motor ingin bergerak lebih jauh lagi. Tak hanya memasarkan motor-motor dari brand asing, mereka ingin memiliki brand sendiri.

"Pada dasarnya ini adalah impian lama kami. Sebenarnya, rencana untuk punya brand nasional sudah lama ada. Tahun 2008 sudah kami coba dan kini kami semakin serius," kata Michael Eka Perkasa, pemilik Hobby Motor.

Nama SOIB terinspirasi dari kata "sohib" atau "sahabat". Mengendarai motor, menurut Michael, selain untuk mobilitas sehari-hari adalah sebuah keasyikan tersendiri dan bisa menjadi cara menjalin persahabatan.

"Bagi banyak kalangan, motor bahkan telah menjadi sahabat," cetus Michael.

Persiapan peluncuran SOIB Motor pun tengah dilakukan. Dua produk SOIB siap diluncurkan: SOIB Racer dan SOIB Adventure. Keduanya menggendong mesin 400cc.

Untuk SOIB Racer, desain yang diangkat adalah retro yang terus memiliki penggemar. Bentuk standarnya saja sudah memiliki aura kuat, tapi bila ingin memodifikasi, banyak ruang inspirasi yang bisa dituangkan ke motor ini.

Sedangkan untuk SOIB Adventure, model yang dikedepankan adalah ala sebuah motor petualangan. Ground clearance tinggi dengan desain maskulin menjadi pembeda. Sekilas pandang saja akan terlihat kalau ini adalah motor yang mampu melibas segala medan.

"Kita mengambil motor-motor SOIB dari Mash, sebuah pabrikan dari Prancis. Mereka bantu kami untuk pengembangan brand ini di Indonesia," tutur Michael. 

"Tapi tenang saja, walau ini pengembangan dibantu oleh Prancis dan bermesin 400 cc, kita atur harga tidak mahal seperti motor Eropa atau Jepang dengan kapasitas mesin yang sama," tambahnya lagi.

Untuk SOIB Racer 400, banderol yang ditetapkan adalah Rp 65 juta. Lebih murah dari harga yang ditetapkan oleh pabrikan Jepang untuk sebuah motor berdesain retro dengan mesin 250 cc.

Sedangkan SOIB Adventure 400 dilepas dengan harga Rp 82 juta saja. Bila ingin ditambahkan box resmi dari Mesh, angka tadi silakan ditambah Rp 10 juta.

"Harga itu sangat terjangkau bila dibanding dengan motor Jepang atau Eropa dengan spesifikasi yang setara. Motor ini kualitas Eropa dan untuk aftersalesnya siap," lugas Michael. [Syu/Idr]

Hobby Motor
Jl Sultan Iskandar Muda No. 7 E-F (Arteri Pondok Indah)
Jakarta Selatan

Temukan motor idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual