Selisih Rp 10 Juta, Beda Wuling 5 dan7 Penumpang Ternyata Tidak Sederhana

Mobil Baru

Selisih Rp 10 Juta, Beda Wuling 5 dan7 Penumpang Ternyata Tidak Sederhana

TANGERANG – Wuling Almaz berkapasitas 7-seater memiliki harga Rp 338,8 juta atau lebih mahal Rp 10 juta dari varian teratas berkapasitas 5-seater.

Selisih 10 juta tersebut sebenarnya terbilang cukup tinggi mengingat perbedaan di antara keduanya sepintas hanyalah sebatas penambahan kursi baris ketiga. Namun, Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors menegaskan perbedaan tidak sesederhana itu.

“Jadi untuk menambahkan kursi belakang, maka ban cadangan dipindahkan lokasinya dari di bagasi menjadi di bawah mobil. Itu itu, lantai pun dilakukan ubahan desain. Jadi mungkin perbedaannya terlihat sedernaha tapi tidak sesederhana itu,” ungkapnya.

Meski demikian, untuk fitur-fitur yang digunakan masihlah tetap serupa yaitu menggunakan Wuling Indonesian Command atau yang disebut dengan Wind. Wind adalah voice command yang bisa dioperasikan menggunakan Bahasa Indonesia.

Dengan ini Wuling yakin dapat memudahkan pelanggannya untuk menyalakan, mematikan dan mengontrol beragam fitur di Wuling. Pasalnya, umumnya Voice Command masih menggunakan bahasa Inggris.

Danang juga menegaskan bahwa Wind telah memiliki kosakata bahasa Indonesia yang cukup banyak. Beberapa kata perintah sudah disematkan sehingga diharapkan tidak akan membingungkan pelanggan.

“Fitur Wind sudah mengenal beberapa perintah suara sehingga tidak membuat bahasa terkesan kaku. Untuk membuka sunroof bisa seperti ‘tolong buka sunroof’ atau ‘buka sunroof’ dan sebagainya. Bahkan untuk pengucapan yang terdengar mirip, Wind masih bisa mengenalinya. Contohnya ‘buka jendela’ menjadi ‘buka jendelo’. Jadi tidak akan ada masalah dengan dialek,” ungkapnya.

Wuling Almaz masih menggunakan mesin bensin turbo yang mampu memproduksi tenaga sebesar 140 HP dan torsi 250 Nm yang disalurkan melalui transmisi CVT. Selain itu, Almaz kini juga hadir dengan opsi transmisi manual 6-percepatan.

Berbagai fitur modern disematkan pada SUV ini yang terdiri dari panoramic sunroof, start-stop button, keyless remote, keyless entry, sound system keluaran Infinity by Harman, hingga 360 camera.

Almaz versi ini juga memiliki fitur keselamatan yang lengkap mulai dari Dual Front & Front Side Airbag, Electric Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Holding (AVH), Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC), ABS+EBD+BA, Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), hingga Emergency Stop Signal (ESS).

Medium SUV ini turut menerapkan gaya dynamic parallel dan floating roof. Pada bagian belakang, Almaz mendapat sentuhan baru pada rear bumper. Terdapat enam pilihan warna Almaz yaitu Aurora Silver, Starry Black, Pristine White, Dazzling Silver, Carnelian Red, dan Burgundy Red. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar