Sejumlah Penyegaran Teknikal Tingkatkan Kualitas New Toyota Agya 2017

Review

Sejumlah Penyegaran Teknikal Tingkatkan Kualitas New Toyota Agya 2017

BANDUNG – Beberapa revisi teknikal dibawa oleh new Toyota Agya 2017 dan ini menarik perhatian kami untuk disajikan kepada Anda.

New Toyota Agya 2017 kini hadir dengan dua pilihan mesin. Pertama jantung mekanis 1.0 liter 3-silinder DOHC masih dipertahankan namun dengan imbuhan VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) serta mesin baru 1.2-liter 4-silinder DOHC dual VVT-i.

New Agya dengan mesin 1.0-liter 3-silinder VVT-i memiliki tenaga yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Jika dulu hanya bertenaga 65,3 hp kini menjadi 67 hp dan torsi 89 Nm. Toyota juga mengklaim bahwa dengan mesin baru ini konsumsi BBM menjadi lebih efisien

Dari data yang diberikan oleh Toyota kepada para jurnalis, akselerasi 0-100 km/jam dari model baru 1.0-liter VVT-i lebih cepat sekitar 1 detik, dari sebelumnya 14,8 detik menjadi 13,79 detik. Sementara untuk 0-400 meter model baru membukukan waktu 19,3 detik dan model lama 20,6 detik. Sayangnya, pihak Toyota tidak menginformasikan berapa konsumsi BBM new Agya.

Sementara untuk akselerasi 0-100 km/jam new Toyota Agya 1.2-liter diraih dalam waktu 12,3 detik untuk varian bertransmisi manual 5-speed dan 14,7 detik untuk varian bertransmisi otomatis 4-speed. Sedang untuk menggapai 0-400 meter masing-masing membutuhkan waktu 18,5 detik dan 19,74 detik.

Mesin berkode 3NR di Agya 1.2-liter sendiri menghasilkan tenaga 88 hp dan torsi 108 Nm. Sementara jika kita ambil brosur Honda Brio terlihat mesin 1.2-liter bertenaga 90 hp dan torsinya 110 Nm.

Dan untuk diketahui, teknologi VVT-i sendiri dikenalkan pertama kali pada 1996, merupakan pengganti teknologi sebelumnya VVT yang dipakai sejak 1991. Toyota Vios dan Toyota Camry menjadi 2 mobil pertama Toyota di Indonesia yang mengadopsi VVT-i, pada 2003. VVT-i merupakan pengaturan pintar waktu buka-tutup valve untuk intake dan exhaust yang variatif (disesuaikan dengan putaran serta beban mesin).

Selanjutnya dikembangkan teknologi dual VVT-i yang lebih maju dari VVT-i. Sistem ini dapat melakukan penyesuaian waktu pada camshaft intake dan exhaust per 2 katup (valve) dalam satu waktu. Toyota mengenalkannya pertama kali pada Toyota RS2000 Altezza dengan kode mesin 3S-GE pada 1998. Dual VVT-i pun dipakai oleh mesin generasi baru V6 seperti di Toyota Avalon.   

Masuk ke sektor ride dan handling (pengendaraan dan pengendalian), Toyota meningkatkan kualitas keduanya. Kini Toyota memasang stabilizer belakang hadir untuk meningkatkan stabilitas ketika mobil bermanuver; serta memperbaiki steering rack & steering column, dan merevisi ECU power steering sehingga pengendalian lebih tajam.

Dari sisi keselamatan, new Agya mendapat rem cakram berdiameter lebih besar menjadi 13 inchi, rem ABS (tipe TRD), penambahan headrest di bagian tengah dari jok belakang, dan sensor parkir mundur. Dan satu lagi yang tidak kalah penting dari semua pembaruan Toyota Agya 2017 adalah di bagian peredaman suara (kekedapan) serta vibrasi.

“Agar kabin lebih kedap suara, Toyota memperbaiki suara mesin, penyerap suara mesin di bagian dashboard, dan bahan plafon. Sedangkan getaran di model baru diklaim berkurang berkat bentuk baru engine mounting, peredaman gear shift dan desain struktur tubuh baru,” jelas Gandhi Ahimsaputra, section head di product planning & development division, PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Harga Toyota Agya 2017 dimulai dari Rp 131.500.000,00. [Idr/Ari]  

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual