Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Banyak yang Belum Tahu, Ini Sejarah Vespa dari Tahun ke Tahun

Berita Otomotif

Banyak yang Belum Tahu, Ini Sejarah Vespa dari Tahun ke Tahun

JAKARTA – Sejarah Kelahiran Vespa di Industri otomotif bermula pada 1950-an. Meski tergolong merek tua, tapi namanya masih terkenal sampai sekarang.

Vespa pada tahun ini merayakan hari jadinya ke-75 dengan sejumlah pencapaian, termasuk produksi unit yang telah mencapai lebih dari 19 juta unit.

Bersamaan dengan hari jadinya, Piaggio Indonesia menghadirkan Vespa edisi khusus yang dijual dalam unit terbatas. Motor edisi ulang tahun tersebut menyapa dalam model Vespa Primavera 150 dan GTS.

Vespa merupakan kendaraan roda dua dengan sejarah yang panjang. Bentuknya yang khas dan otentik tetap dipertahankan hingga saat ini.

Kendaraan roda dua asal Italia ini juga memiliki penggemar yang setia di seluruh penjuru bumi.

Sebagai motor dengan nilai sejarah tinggi, berikut ini rentetan perjalanan Vespa dari masa ke masa.

  • 1950-an : Ini merupakan era awal Vespa lahir ke dunia dan terus berkembang menjadi kendaraan idola banyak orang.
  • 1960-an : Vespa yang semakin populer sehingga penggunanya terus bertambah. Vespa juga menjadi simbol penghormatan terhadap Kontingen Garuda Tentara Nasional Indonesia yang bertugas di Kongo.

Sejarah Vespa

  • 1970-an : Pada era ini menjadi lahirnya model-model baru seperti Vespa Sprint 150 cc, Vespa Super 150 cc, dan Vespa Special 90 cc. Model-model tersebut masih eksis dan beberapa orang di Indonesia memilikinya.
  • 1980-an : Vespa Indonesia mulai memasarkan skuter dengan mesin-mesin besar seperti Excel 200 cc dan Spartan 200 cc.
  • 1990-an : Kali ini giliran lahirnya Vespa Corsa untuk pertama kalinya di Indonesia. Corsa sendiri merupakan simbol lahirnya era modern sebuah skuter.
  • 2000-an : Di usia ke-50, Vespa memperkenalkan versi ET meliputi ET4, ET2, ET2 Injection. Motor ini hadir dengan mesin 4-tak dan transmisi full automatic. Pada ET4 juga terdapat versi kolaborasi dengan Ferrari yang dibuat untuk merayakan pencapaian di F1.
  • 2011 : Tahun ini merupakan hadirnya PT Piaggio Indonesia sebagai Agen Pemegang Merek (APM). Di tahun pertamanya, mereka menghadirkan LX 150 2v dan S 150 2v.
  • 2012 : Vespa GTS 250 lahir ke Indonesia dan menjadi motor flagship brand asal negeri Pizza tersebut. Mereka juga memboyong PX 150 ke Tanah Air bagi konsumen yang unik dan gemar model klasik.
  • 2013 : Piaggio Indonesia terus menambah pilihan model dengan memperkenalkan Vespa Primavera 150 3v, Sprint 150 3v, dan Vespa 946 Ricordo Italiano.
  • 2015 : Vespa kembali memperkenalkan versi kolaborasinya yang kali ini hadir dengan nama 946 Emporio Armani.

Kolaborasi vespa

  • 2016 : Pada tahun ini Vespa kembali menggocek konsumen dengan kolaborasi seperti Settantesimo atau edisi ulang tahun ke-70 dengan model PX, Primavera dan GTS. Ketiganya dibalut dengan warna Azzuro 70 dan diproduksi secara terbatas serta lebih mahal.
  • 2017 : Vespa GTS 300 lahir pada tahun ini dan dikatakan menjadi standar terbaru Vespa GTS.
  • 2018 : Tahun yang merupakan hari jadi Primavera ke-50 ini tidak ada edisi spesial dan perayaan apapun.
  • 2019 : Vespa GTS Super Tech 300 HPE ABS hadir pada tahun ini dengan dilengkapi berbagai teknologi termutakhirnya.
  • 2020 : Pada tahun yang penuh tantangan karena kondisi pandemi, Vespa tidak mengeluarkan model baru atau regenerasi. Mereka hanya memperkenalkan Vespa Primavera Sean Wotherspoon dan lagi-lagi jumlahnya terbatas tanpa diketahui banyaknya.

Vespa di Indonesia

  • 2021 : Vespa Picnic hadir pada tahun ini untuk mereka yang sudah kangen untuk melakukan aktivitas piknik. Tahun ini juga adalah momen ulang tahun Vespa ke-75. [Dew/Ses]


Denny Basudewa

Denny Basudewa

Reporter

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang