Perjalanan Sejarah Honda Brio dari Generasi ke Generasi

Panduan Pembeli

Perjalanan Sejarah Honda Brio dari Generasi ke Generasi

Dari awal, Honda Brio menyasar segmen city car atau konsumen di bawah Honda Jazz . Masuk ke Indonesia pada akhir tahun 2012 dengan memboyong dua varian yang menjadi titik mula dari perjalanan sejarah Honda Brio di Indonesia. 

JAKARTA - Pertama kali Honda Brio diperkenalkan di Indonesia, langsung dapat merebut hati konsumen mobil Tanah Air. Bentuknya yang mungil dan kompak, membuat mobil ini menyenangkan  dikendarai di jalanan perkotaan yang padat.  

Sebelumnya, Honda Brio hadir di India dan Thailand pada tahun 2011 silam. Lalu, setahun kemudian masuk ke Indonesia, dan hingga kini popularitasnya masih terjaga.  Honda Brio sendiri hadir sebagai jawaban keinginan konsumen akan mobil irit bahan bakar, kompak tapi kabin terasa nyaman.

Dari awal, Honda Brio menyasar segmen city car atau konsumen di bawah Honda Jazz . Masuk ke Indonesia pada akhir tahun 2012 dengan memboyong dua varian yang menjadi titik mula dari perjalanan Honda Brio di Indonesia. 

Seiring perjalanan waktu, Honda terakhir kali menambahkan varian Brio Satya sebagai salah satu pilihan untuk segmen mobil terjangkau. Seperti apa generasi Honda Brio yang dimulai dari generasi pertama? 

Untuk itu tim redaksi Mobil123 rangkum semua detail perjalanan Honda Brio di Indonesia berikut ini. 

Honda Brio Generasi Pertama (2012-2016)

Honda Brio 1.3 (2012)

Brio generasi pertama Hadir dengan dua tipe yang perbedaannya mencolok satu sama lainnya, pertama tipe E merupakan tipe tertinggi dari model Honda Brio ini, sedangkan tipe S jadi yang terendah di model pertama ini, model ini didatangkan secara utuh atau CBU (Completely Built-Up) dari Thailand. 

Secara eksterior, Honda Brio generasi pertama ini tampilannya simpel dengan lampu utama sangat besar dan grille krom besar beserta logo Honda. Selain itu, pintu bagasi belakang semuanya dari kaca membuat tampilannya unik sekali. 

Perbedaan dari tipe E dan S seperti apa, perbedaannya terletak di handle pintu dan spion mobil. Karena tipe E itu handle pintu dan cover spion masih sewarna dengan bodi mobil, kalau tipe S handle pintu dan cover spion warnanya adalah hitam. Tetapi lebih gampang membedakan dari velg mobil tersebut, untuk tipe S sendiri masih gunakan dop dan velg kaleng. Sedangkan velg alloy digunakan di tipe E dengan ukuran untuk keduanya sama, yaitu berukuran 14 inch. 

Sedangkan interiornya tetap sama namun pembedanya di bagian headunit yang dipakai, tipe E gunakan double din sedangkan tipe S hanya single-din saja. Namun soal kabin lebih lega dan nyaman terutama buat penumpang kedua. 

Urusan mesin sendiri, berbeda dengan model di Thailand yang berkapasitas 1.2 versi Indonesia gunakan mesin berkapasitas 1.339 cc dengan tenaga 99 hp di 6.000 rpm dan torsi mencapai 128 Nm pada 4.300 rpm. Untuk transmisinya sendiri tersedia otomatis lima percepatan dan manual lima percepatan. Buat fitur keselamatannya, di kelasnya Honda Brio sudah dilengkapi dengan ABS dan EBD beserta Airbag untuk penumpang dan pengemudi. 

Honda Brio 1.2, Honda Brio Satya dan Honda Brio Sport tahun 2013

Setelah sukses memperkenalkan Honda Brio 1.3 di tahun 2012, di tahun 2013 Honda kembali mengenalkan Honda Brio 1.2 dengan Brio Satya untuk memasuki segmen LCGC. Sedangkan varian 1.3 jadi versi tertinggi yang dinamakan Brio Sport, ketiganya dijual dengan varian berbeda satu sama lainnya.

Seperti Honda Brio Sport tersedia satu varian saja sedangkan Brio 1.2 tersedia mulai dari tipe E dan S dan Brio Satya mulai dari tipe E, S dan A. Sayangnya, tipe 1.3 harus berhenti dipasarkan karena masih diimpor dari Thailand dan mulai digantikan dengan versi Brio 1.2 dan Satya. 

Selain itu, tidak ada perbedaan mencolok dari Brio Satya dan Brio 1.2 dari segi eksterior tidak ada yang berbeda kecuali pilihan transmisi untuk LCGC seperti Satya hanya tersedia transmisi manual saja, sedangkan transmisi otomatis tersedia di Brio 1.2 yang tidak mendapatkan harga khusus seperti mobil LCGC lainnya. 

Mesinnya sendiri dibekali dengan kapasitas 1.198 cc dengan tenaga 89 hp pada 6.000 rpm dan torsinya mencapai 110 Nm di 4.300 rpm. Sedangkan Brio 1.2 dilengkapi dengan ABS, EBD dan airbag untuk penumpang dan pengemudi. Sedangkan Satya hanya tersedia Airbag untuk penumpang dan pengemudi tidak ada sistem pengereman ABS maupun EBD. 

Honda Brio RS dan Brio 1.2 dan Satya Facelift (2016) 

Tiga tahun berselang, Honda Prospect Motor melakukan serangkaian pembaruan untuk Brio sekaligus hadirkan varian tertinggi, Brio RS. Disamping itu ubahan berfokus ke interior dan eksterior dengan memberikan tampilan lebih segar, seperti bumper depan lebih modern dan front fascia pun turut diubah lebih menarik dengan grille yang sedikit maju. Selain itu, tipe RS juga grille-nya berwarna piano black dengan emblem RS serta ornamen garnish pada pintu bagasi membuat tampilan belakang sedikit berbeda dibandingkan tipe lainnya. 

Sedangkan interiornya pun juga alami perubahan besar dengan mengadopsi dasbor yang lebih besar dan panel instrumen yang terlihat jelas dan minimalis. Sehingga, tampilan interior kali ini berbeda jauh dibandingkan model sebelumnya. Bahkan AC-nya pun sudah digital dan tidak lagi manual dengan knob seperti model sebelumnya. Dan ini diaplikasikan ke seluruh model Honda Brio yang dipasarkan. Mulai dari Brio Satya sampai Brio RS pun juga tersedia AC Digital. 

Buat mesinnya sendiri masih sama dengan sebelumnya tanpa ada perubahan berarti. Soal transmisi, kali ini transmisi otomatis lima percepatan diganti dengan CVT dan akhirnya Brio Satya mendapatkan transmisi CVT setelah model sebelumnya tersedia transmisi manual lima percepatan saja. 

---- Pilihan Lengkap Mobil Bekas Honda Brio, Harga Murah Klik di Sini.

Honda Brio Generasi Kedua Tahun 2018 

Dua tahun setelah versi facelift hadir, kali ini Honda membuat gebrakan baru dengan membuat Honda Brio generasi kedua. Tampilannya tetap sama namun bentuknya sedikit berbeda. Tampilan depan diubah dengan lampu utama yang lebih tajam garis desainnya terus grille depan juga turut mengikuti garis lampu. Sedangkan bagian belakang berubah total dengan absennya pintu bagasi dari kaca berganti ke pintu bagasi konvensional. Terlihat menarik karena bentuknya sedikit maju dan adanya perbaikan dari segi kapasitas bagasi yang sebelumnya terlihat minim namun sekarang lebih besar dan muat banyak barang. 

Namun untuk model sekarang hanya tersedia tiga model saja. Yaitu, Brio Satya tipe S dan E serta Brio RS. Memang secara interior, kedua tipe ini bisa dibedakan, salah satunya adalah Brio Satya yang gunakan warna interior lebih cerah dan Brio RS tampil dengan aksen oranye pada dasbor mobil tersebut. 

Soal mesin, tetap sama dengan model sebelumnya berkapasitas 1.198 cc dengan tenaga 89 hp dan torsi 110 Nm. Bahkan transmisi sudah CVT untuk Brio Satya tipe E sampai Brio RS, meskipun tipe S hanya tersedia transmisi manual lima percepatan saja. Selain itu, Honda Prospect Motor juga keluarkan varian Urbanite Edition dengan bodykit dan warna hitam pada atap serta spion mobil dengan handle pintu.(AP)

Tertarik beli Honda Brio Bekas? Klik Link Ini untuk Beragam Pilihan Honda Brio Seken.

 




Berita Utama


Komentar