Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Satu Jam Bersama Mobil Listrik Wuling Air EV: Murah tapi Canggih!

Review

Satu Jam Bersama Mobil Listrik Wuling Air EV: Murah tapi Canggih!

JAKARTA – Wujud eksterior, interior, maupun fitur-fitur Wuling Air EV diperlihatkan langsung selama satu jam, meski peluncurannya belum terjadi. Bagaimana kesan Mobil123.com terhadap mobil listrik murah ini?

Air EV merupakan nama calon mobil listrik pertama Wuling di pasar Indonesia. Pemesanan resmi untuk kendaraan mungil ini, seperti diberitakan sebelumnya, sudah dibuka sejak 11 Juli 2022 kemarin.

Eksterior mobil mungil tersebut sebenarnya sudah diperlihatkan sekitar sebulan sebelum itu. Namun, nama Air EV, gambar-gambar interior, maupun daftar fiturnya baru dipublikasikan bersamaan dengan dibukanya pre-booking.

Peluncuran Air EV sendiri dijadwalkan berlangsung sebelum kuartal ketiga. Adapun harga on the road (OTR) Jakartanya diestimasikan Rp250 juta untuk tipe Standard Range (jarak tempuh 200 km) dan Rp300 juta bagi tipe Long Range (300 km).

Dengan harga demikian, Air EV berpotensi kuat menjadi mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) termurah di Indonesia ketika meluncur—kecuali ada kejutan dari merek lain sebelum itu terjadi.

Pada Kamis (14/7/2022) kemarin, Wuling mempersilakan Mobil123.com dan rekan-rekan media lain ‘mengakrabi’ Air EV tipe Long Range selama 60 menit secara bergiliran. Berikut paparan spesifikasi beserta ulasannya:

Spesifikasi Lengkap Mobil Listrik Murah Wuling Air EV

Eksterior

Desain luar Air EV mengusung konsep ‘Futuristic Tech’. Unsurnya-unsurnya antara lain adalah Extended Horizon LED Day-time Running Light (DRL), Parallel Step Head Lamp and Rear Lamp, serta Aero-craft Window.

Di bagian depan, terdapat logo Wuling berwarna perak yang menyala ketika mobil dalam kondisi aktif. Di baliknya, ada tempat pengecasan (charging port) dengan tipe AC GB/T.

Pelek Air EV berukuran mungil yaitu 12 inci dengan desain 'kaleng'. Untungnya, Wuling memberikan penutup pelek sehingga tampilannya menjadi lebih elegan.

Bicara dimensi, Air EV memiliki panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, tinggi 1.631 mm.

Interior

Meski harganya setara low multi purpose vehicle (LMPV) atau low sport utility vehicle (LSUV), interiornya terkesan elegan dengan sentuhan soft touch di berbagai sisi.

Kemewahan juga tampak dari meter cluster digital berukuran 10,25 inci yang tersambung dengan head unit berukuran sama. Di bawahnya, terdapat pengatur AC model putar.

Setir maupun jok Air EV sudah berbalut material kulit. Pada lingkar kemudi Air EV terdapat Audio Steering Switch untuk mengoperasikan meter cluster, head unit, atau pun fitur perintah suara berbahasa Indonesia (Wuling Indonesian Command/WIND).

Semua tempat duduk di baris pertama dapat dimaju-mundurkan, tapi masih dengan pengaturan manual.

Naik-turun jendela sudah menggunakan Electric Power Window. Ada pula tiga USB Port plus satu Power Outlet yang tersebar bawah dasbor atau di dekat tombol transmisi.

Air EV memiliki tempat duduk untuk empat orang. Sayang, ketika semua kursi masih ditegakkan, ruang bagasi yang tersisa amat sangat minim.

Meski mungil, Mobil123.com yang bertinggi 171 cm masih merasakan head room serta leg room yang lega di baris kedua. Oleh karena itu, Air EV dirasa masih cukup pantas mengangkut empat orang dewasa.

Fitur-Fitur

‘Kegilaan’ Air EV mulai terlihat ketika membicarakan fitur. Bagaimana tidak, Wuling membenamkan semua inovasi terdepan mereka di pasar Indonesia saat ini ke dalam mobil tersebut.

Di samping WIND, ada Internet of Vehicle (IoV). Setelah itu, masih ada lagi Electric Parking Brake (EPB), Auto Brake Hold (ABH), tiga Drive Mode (Eco, Normal, Sport), Rotary Gear Shift, 3 USB Power plus 1 Power Outlet, Electric Window.

Terdapat pula Smart Key System dengan kunci berbentuk lucu.

Satu keunikan mobil listrik murah Air EV adalah cara menyalakannya. Pengemudi tinggal menginjak pedal rem satu atau dua kali, kemudian mobil akan aktif dan siap berjalan.

Setelah selesai bepergian, pengemudi juga tinggal keluar kabin dan mengunci pintu. Air EV pun langsung nonaktif secara otomatis.

Baterai, Motor Listrik, Jarak Tempuh

Air EV menggunakan baterai lithium iron phosphate (LFP) berkapasitas 18 kWH untuk Standard Range yang berjarak tempuh 200 km serta 26,5 kWh untuk Long Range (300 km).

Baterai diklaim telah lolos 16 jenis pengujian. Di antaranya pengetesan perendaman sedalam satu meter, juga tes tabrakan dengan akselerasi 28G.

Waktu pengisian baterai antara 8,5-11 jam dengan listrik berdaya 2.200 watt (20-100 persen). Jika dicas di tegangan listrik berdaya 6.600 watt, waktu tersebut akan berkurang menjadi hanya 4 jam saja.

Motor penggerak berdaya 30 kW dan torsi 110 Nm ditaruh di antara dua roda belakang. Terakhir, mobil listrik murah Air EV dapat melaju dengan kecepatan maksimal 100 km per jam. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang