Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Sah, Mulai 1 April 2023 Mobil Listrik Dapat Subsidi PPN!

Berita Otomotif

Sah, Mulai 1 April 2023 Mobil Listrik Dapat Subsidi PPN!

JAKARTA – Aturan subsidi mobil listrik sudah keluar. Di dalamnya, sudah diputuskan mengenai tanggal pemberlakuan kebijakan.

Regulasi yang dimaksud ialah Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 38 Tahun 2023 tentang Pajak Pertambahan Nilai Atas Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bus Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2023.

“Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 1 April 2023,” demikian tertulis dalam Pasal 12 PMK yang ditetapkan pada 28 Maret 2023, kemudian diundangkan pada 29 Maret 2023 tersebut.

Mobil listrik yang berhak mendapatkan subsidi mobil listrik, menurut Pasal 3, ialah yang dirakit lokal dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) minimal sebanyak 40 persen.

Wuling Air EV

Bentuk subsidi mobil listrik sendiri adalah pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 11 persen menjadi 1 persen. Sebanyak 10 persennya ditanggung oleh pemerintah.

“Pajak Pertambahan Nilai yang ditanggung Pemerintah atas penyerahan KBL Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dan KBL Berbasis Baterai Bus Tertentu yang memenuhi kriteria nilai TKDN sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (2) huruf a dan huruf b sebesar 10% (sepuluh persen) dari Harga Jual,” kata Pasal 4 Ayat 2.

Sebelumnya, pemerintah sudah memastikan kalau hanya mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) yang bisa mendapatkannya. Sejauh ini, hanya Wuling dan Hyundai yang memenuhi persyaratan itu.

Adapun modelnya ialah Wuling Air EV plus Hyundai Ioniq 5.

Subsidi mobil listrik, hingga Desember 2023 mendatang, diberikan dengan kuota 35.900 unit.

Hyundai Ioniq 5

Pemerintah, pada 20 Maret 2023, telah terlebih dahulu memberikan subsidi sepeda motor listrik. Namun, bentuk bantuannya berbeda yaitu uang Rp7 juta bagi motor listrik baru maupun konversi.

Sebanyak delapan merek memenuhi syarat mendapatkannya. Mereka adalah Volta, Gesits, Polytron, United, Rakata, Smoot, Viar, Selis.

Adapun jumlah modelnya mencapai 13.

Kuota subsidi motor listrik juga jauh lebih besar. Sampai tutup tahun nanti, terdapat 200 ribu unit motor listrik baru plus 50 ribu unit motor listrik konversi yang akan turun harga karena bantuan uang dari pemerintah itu. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang