Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hore! Konsumen Sudah Bisa Pesan Wuling Air EV dengan Harga Subsidi PPN

Berita Otomotif

Hore! Konsumen Sudah Bisa Pesan Wuling Air EV dengan Harga Subsidi PPN

JAKARTA – Jaringan diler Wuling disebut sudah memberlakukan harga baru bagi Wuling Air EV yang menjadi lebih murah berkat subsidi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) mobil listrik.

Seperti diberitakan sebelumnya, subsidi mobil listrik resmi berlaku mulai Sabtu (1/4/2023), dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 38 Tahun 2023.

Ada dua mobil listrik yang memenuhi syarat menerima subsidi yaitu Wuling Air EV serta Hyundai Ioniq 5. Adapun bentuknya ialah pengurangan PPN dari 11 persen menjadi 1 persen.

Wuling Air EV

Brand and Marketing Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Dian Asmahani mengatakan pihaknya sedang mengkalkulasikan harga baru bagi Air EV. Oleh karena itu, dia belum bisa mengungkapkan penurunan harganya.

“Akan kami informasikan setelah mendapatkan konfirmasi perhitungan perpajakan, ya,” ungkapnya kepada Mobil123.com melalui pesan singkat, Senin (3/4/2023).

Akan tetapi, ia menyebut setiap konsumen yang melakukan pemesanan mulai hari pertama April nantinya dikenakan harga Air EV yang lebih murah karena reduksi PPN.

“Kalau dari PMK sebenarnya berlaku per 1 April. Jadi, sudah bisa diimplementasikan,” tandasnya.

“Konsumen sudah bisa melakukan pemesanan ke diler karena saat ini produknya ready stock (tersedia) dan secara paralel kami lagi menghitung besaran pengurangan PPN juga,” lanjut Dian.

Wuling Air EV

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, situs resmi Wuling di Indonesia masih menginformasikan harga lama Air EV yang berlaku sejak Januari 2023.

Namun, di samping harga tersebut, telah ditaruh informasi bahwa mobil listrik mungil ini mendapatkan subsidi PPN menjadi 1 persen.

Adapun harga Air EV sebelum pemberlakuan subsidi PPN mobil listrik adalah Rp243 juta on the road (OTR) Jakarta bagi tipe Standard Range yang berjarak tempuh 200 km.

Air EV Long Range yang mampu berjalan 300 km dalam kondisi baterai terisi penuh, di sisi lain, berbanderol Rp299,5 juta OTR Jakarta.

Subsidi PPN mobil listrik diberikan hanya bagi teknologi battery electric vehicle (BEV/listrik murni). Hanya model-model rakitan lokal dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) minimal 40 persen yang bisa mendapatkannya.

Sejak 1 April 2023, pemerintah juga memberlakukan subsidi bus listrik dengan syarat lebih ringan (TKDN mulai 20 persen). Tapi, bentuk subsidinya sama dan hingga kini belum diketahui ada memenuhi syarat itu.

Terdapat pula subsidi sepeda motor listrik sebanyak Rp7 juta bagi unit baru maupun konversi. Sebanyak delapan merek motor listrik berhak mendapatkannya untuk tahun kalender 2023, dengan total 13 model. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang