Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Rumah Anda Butuh Daya Listrik Minimal 3.500 Watt buat Ngecas Toyota bZ4X

Berita Otomotif

Rumah Anda Butuh Daya Listrik Minimal 3.500 Watt buat Ngecas Toyota bZ4X

JAKARTA – Toyota bZ4X butuh daya listrik rumah lebih dari 3.000 watt untuk pengecasan baterainya.

bZ4X merupakan mobil listrik pertama dengan emblem Toyota di pasar Indonesia yang meluncur pada 10 November 2022 kemarin. Harga on the road (OTR) Jakarta satu-satunya tipe yang tersedia yaitu front wheel drive (FWD) adalah Rp1.190.000.000.

Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan alat pengecasan sudah termasuk dalam pembelian bZ4X. Ia kemudian mengungkapkan daya listrik minimal di rumah supaya tidak ada problem dalam proses pengisian daya baterainya.

“Untuk portable charging itu minimal 3.500 watt dan untuk yang wall charging itu minimal 7.700 watt. Kami sudah menyediakan dua-duanya, tinggal konsumen menyesuaikan sesuai kondisi masing-masing,” ucap dia dalam seremoni peluncuran di Jakarta.

Toyota bZ4X

Toyota sendiri, lanjut Anton, lebih merekomendasikan pemasangan wall charger. Dengan sistem pengecasan cepat (fast charging) yang menggunakan arus DC (Direct Current) maksimal 150 kW, kapasitas baterai sudah dapat terisi 80 persen hanya dalam 30 menit.

bZ4X mengusung baterai lithium-ion 71,4 kW. Dalam kondisi kapasitas baterai 100 persen, jarak tempuh tipe yang dipasarkan di Tanah Air diklaim mampu mencapai 500 km.

Fitur-fiturnya canggih. Beberapa yang paling mutakhir ialah teknologi bantuan pengemudian aktif Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 plus Advanced Park.

“Dengan hanya satu tombol di samping transmisi, mobil bisa mencari lokasi parkir yang memungkinkan dan bisa parkir secara otomatis,” jelas Anton.

Toyota bZ4X

Di samping itu, bZ4X masih dilengkapi antara lain dengan Panoramic Sunroof, Head Unit 12,3 Inci—terbesar di mobil Toyota—dengan sistem navigasi serta konektivitas smartphone (gawai pintar), teknologi telematika T-Intouch.

Platform kendaraan menggunakan e-TNGA (electric-Toyota New Global Architecture) yang diciptakan khusus untuk model-model mobil listrik. Bahkan, bZ4X menjadi model pertama Toyota yang memanfaatkannya.

Kuota bZ4X untuk Indonesia tahun ini, menurut Anton, sangat terbatas. Secara total, hanya ada 50-60 unit dan 40 unit di antaranya digunakan terlebih dahulu untuk keperluan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022 ini.

Distribusi unit rencananya dimulai pada Desember. Dengan stok hanya puluhan unit dan permintaan terhadap mobil listrik yang mulai tinggi, Anton menduga bakal terjadi inden panjang untuk bZ4X. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil Toyota baru <<<<<

 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang