Ridwan Kamil Mau Revitalisasi Sirkuit Sentul untuk ‘Temani’ Sirkuit Mandalika

Berita Otomotif

Ridwan Kamil Mau Revitalisasi Sirkuit Sentul untuk ‘Temani’ Sirkuit Mandalika

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan rencana memperbaiki dan memperbagus Sirkuit Sentul, sehingga Sirkuit Mandalika tidak ‘sendirian’.

Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat menjadi sorotan dunia balap pada 19-21 November 2021, saat menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK).

Sirkuit baru sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan itu sendiri dibangun dengan modal Rp1,1 triliun.

Pada tahun depan, Sirkuit Mandalika dijadwalkan menggelar MotoGP.

Sirkuit Mandalika

Orang nomor satu di Jawa Barat, Ridwan Kamil, melalui akun media sosial resminya, memberitahukan kepada publik niat merevitalisasi Sirkuit Sentul di Bogor. Ia ingin sirkuit kebanggaan Jawa Barat ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia seperti ‘adiknya’ di Mandalika.

“Tahun depan sirkuit ini (Sentul—Red) akan direvitalisasi dan didesain ulang, sehingga akan reborn (lahir kembali—Red) menjadi salah satu sirkuit internasional terbaik di dunia menemani Mandalika. Aamiin,” tulis dia via Instagram @ridwankamil pada awal pekan ini.

Lelaki yang akrab disapa Kang Emil ini menulis hal tersebut di sela-sela pembukaan Piala Presiden untuk Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Motor Bebek 2021 di Sirkuit Sentul.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Bersama Pebalap MotoGP Marc Marquez pada 2019

Menurut Kang Emil, Sirkuit Sentul dalam rekam jejaknya pernah menyelenggarakan MotoGP pada medio 1990-an. Ketika itu, pebalap legendaris Valentino Rossi menjadi nomor satu di kelas 125 cc.

“International Circuit Sentul pernah menjadi tuan rumah MotoGP pada 1996-1997, di mana pada 1997 Valentino Rossi juara di kelas 125 cc,” pungkas dia.

Tidak dijelaskan lebih jauh, kapan tepatnya revitalisasi Sirkuit Sentul akan dimulai. Anggaran yang disiapkan untuk proyek tersebut pun belum dibeberkan oleh Kang Emil. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar