Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Rencana Peluncuran Mobil Listrik Baru BMW Tahun Ini Bisa Mundur ke 2024

Mobil Listrik

Rencana Peluncuran Mobil Listrik Baru BMW Tahun Ini Bisa Mundur ke 2024

JAKARTA – BMW bisa jadi akan menunda peluncuran mobil listrik terbaru mereka, dari tahun ini menjadi pada 2024.

Seperti diberitakan sebelumnya, BMW punya rencana merilis mobil listrik baru pada akhir 2023. Kabar terbaru, rencana itu kini berpotensi mundur menjadi tahun depan.

“Ditunggu saja. Kalau tidak tahun ini, bisa tahun depan di kuartal pertama. Belum bisa kami pastikan kapan,” ucap Director of Communication BMW Group Indonesia Jodie O’Tania dalam BMW Electric Vehicle Exhibition beberapa waktu lalu di Senayan, Jakarta.

mobil listrik BMW iX1

Menurut Jodie, terdapat berbagai faktor yang bisa membuat waktu peluncuran mobil listrik terbaru BMW itu mundur. Di antaranya adalah kesiapan suplai.

“Biasanya (peluncuran tertunda) pasti dari strategi kami. Kami melihat kedatangan unitnya, stoknya siap atau tidak. Soal itu, kan, banyak faktor yang menentukan,” terang dia.

Hingga kini, identitas calon mobil listrik baru BMW tersebut masih ditutup rapat-rapat. Tapi, modelnya digadang-gadang bakal lebih murah dari model-model mobil listrik mereka yang sudah ada sekarang.

“Pastinya (harga lebih terjangkau) karena nantinya di rangkaian kendaraan BMW itu kami pasti mencoba menyediakan yang berbasis listrik karena kami mau memberikan pilihan kepada para pelanggan. Jadi, apabila membutuhkan ICE (internal combustion engine/mobil pembakaran internal) ada, listrik juga ada, PHEV (plug-in hybrid electric vehicle) pun ada,” papar Jodie.

mobil listrik BMW iX1

Jika boleh menduga-duga, salah satu kandidat mobil listrik baru itu mungkin saja BMW iX1. Ini merupakan versi listrik murni dari BMW X1—SUV entry level BMW—yang sudah dijual di Malaysia sejak semester satu 2023 dengan harga sedikit di bawah Rp1 miliar.

Saat ini, di pasar Indonesia, BMW sudah memiliki tiga model mobil listrik murni di bawah sub-brand BMW i. Ada BMW iX, BMW i4, dan BMW i7.

Ketiganya berbanderol Rp2-3 miliar. Harga on the road (OTR) Jakarta iX kini Rp2.428.000.000, sedangkan i4 dan i7 masing-masing Rp2.108.000.000 serta Rp3.285.000.000.

BMW juga punya model PHEV yakni BMW XM. Harga model ini bahkan lebih ‘gila’ lagi yaitu Rp6.362.000.000 OTR Jakarta.

Jika bicara BMW Group, masih ada pula mobil listrik murni MINI E seharga Rp1.024.000.000 untuk tipe standar dan Rp1.100.000.000 untuk tipe Resolute Edition. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang