Produsen Baterai ABC bakal Ikutan Bikin Baterai Kendaraan Listrik

Berita Otomotif

Produsen Baterai ABC bakal Ikutan Bikin Baterai Kendaraan Listrik

JAKARTA – Produsen baterai ABC akan ikut terjun ke bisnis mobil maupun sepeda motor listrik dengan membuat baterai bagi keduanya. Investasi yang disiapkan sekitar Rp 250 miliar.

Tahu baterai ABC? Produsennya yaitu PT. International Chemical Industry kini sedang mempersiapkan diri terjun ke industri mobil dan motor listrik, menurut salah satu pejabat Kementerian Perindustrian. Mereka ingin pula membuat baterai lithium-ion untuk kendaraan ramah lingkungan tersebut dan kini sedang kini sedang mendirikan pabrik yang berlokasi di Jakarta.

“(Langkah produsen) baterai ABC ini cukup membanggakan sekali karena ini adalah PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri,” ucap Putu Juli Ardika selaku Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian dalam diskusi virtual yang diadakan Vivanews pada Selasa (28/7/2020).

Sekadar mengingatkan, Indonesia bakal memasuki era kendaraan listrik pada 2021. Hal ini terjadi berkat Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 yang menjadi paying hukum bagi berbagai insentif fiskal maupun nonfiskal bagi kendaraan berbasis baterai sehingga harga jual bisa lebih ditekan.

Diharapkan, dalam 3 – 5 tahun setelah pemberian insentif, industri kendaraan listrik bisa terbentuk di Indonesia. Pemerintah menargetkan bahwa pada 2025, 20 persen dari produksi mobil maupun motor di Tanah Air dikontribusikan oleh kendaraan berbasis baterai mulai dari hybrid, plug-in hybrid, sampai murni listrik.

Lebih lanjut, Putu menjelaskan bahwa baterai lithium-ion PT. International Chemical Industry nantinya ditujukan untuk berbagai kebutuhan. Selain untuk komponen mobil listrik atau motor listrik, baterai tersebut bakal menyasar kebutuhan suplai tenaga industri telekomunikasi plus keperluan-keperluan industri elektronik yang membutuhkan baterai jenis ini.

“Investasinya sekitar Rp 250 miliar. Lokasi bangunan pabrik di Cengkarang, Jakarta Barat,” ujar dia belakangan ketika dihubungi Mobil123.com via pesan singkat.

Pembangunannya sendiri direncanakan selesai pada akhir tahun ini. Sekarang, mereka sudah memasuki tahap pre commercial production (pra produksi komersial).

Bukan hanya PT. international Chemical Industry saja yang ingin membuat baterai kendaraan listrik. Sudah ada beberapa pemain besar dari luar negeri yang juga sedang bersiap.

Di antaranya adalah LG Chemical asal Korea Selatan. Mereka akan menyuplai baterai bagi Hyundai, merek senegara yang juga sedang membangun pabrik perakitan mobil di Cikarang, Bekasi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar