Polisi Siapkan 20 Ribu Kit Rapid Test untuk Sidak Masyarakat

Berita Otomotif

Polisi Siapkan 20 Ribu Kit Rapid Test untuk Sidak Masyarakat

JAKARTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bersama BNPB akan menyiapkan 20.000 kit rapid test antigen pada musim libur Natal dan Tahun Baru.

Ke 20.000 kit rapid test antigen tersebut nantinya akan digunakan untuk melakukan test di beberapa titik jalur mudik. Langkah ini dilakukan untuk menekan terjadinya penularan virus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Random cek rapid antigen akan kita lakukan di beberapa titik antara lain rest area dan pos-pos tertentu. Kita dibantu BNPB sebanyak 20 ribu alat rapid antigen,” ungkap Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono

Ia juga menyebut bahwa rapid test antigen juga akan diberlakukan saat arus balik. Pihaknya memprediksi arus balik Natal terjadi pada 30 sampai 31 Desember 2020. Kemudian arus baliknya tahun baru jatuh 3 sampai 4 Januari 2021. Pengawasan ketat akan dilakukan di rest area hingga terminal penumpang.

Polisi Siapkan 20.000 Kit Rapid Test untuk Sidak Masyarakat
“Hal yang menjadi atensi kita itu adalah titik-titik, tempat-tempat terutama 4 moda transportasi, darat, laut, udara, dan juga tempat wisata, kemudian tempat-tempat kerumunan lainnya berpotensi untuk penularan COVID-19,” ujar Istiono.

Pencegahan yang dilakukan oleh Korlantas Polri kali ini memang terbilang cukup ketat. Hal ini karena jumlah kasus postif Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat tanpa menunjukkan adanya perlambatan dan penurunan kasus. Tingginya kasus Covid-19 di Indonesia diyakini karena adanya beberapa libur panjang yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berpergian.

Musim libur Natal dan tahun baru 2021 pun diyakini akan menjadi sumber penularan baru di awal tahun 2021. Pemerintah pun melakukan beragam langkah pencegahan agar hal tersebut tidak terjadi, termasuk dengan menghilangkan cuti bersama yang sejatinya diberikan pada akhir tahun.

Sayangya, penghilangan cuti bersama tidak diikuti dengan penundaan Pilkada. Padahal, Pilkada serentak juga diyakini memiliki risiko besar dalam penularan Covid-19 karena dapat menimbulkan kerumunan.

Untuk melakukan pengawasan dan memastikan keberhasilan operasi, Korlantas meluncurkan Tim Pamatwil. Tim ini akan bekerja hingga 4 Januari 2020 dan bertugas untuk mengawasi penegakan protokol kesehatan.

“Hari ini kita berangkatkan tim Pamatwil kita ke jajaran untuk melaksanakan Operasi Lilin 2020 dari tanggal 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021 nanti,” ucapnya.

Korlantas Polri memprediksi puncak arus mudik Natal jatuh pada 23 hingga 24 Desember 2020. Sedangkan arus mudik Tahun Baru 2021 jatuh pada 30-31 Desember. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar