Polisi: Mau Selamat? Kurangi Kecepatan!

Panduan Pembeli

Polisi: Mau Selamat? Kurangi Kecepatan!

JAKARTA – Tingginya angka kecelakaan di Indonesia mencemaskan. Pasalnya, kasus ini telah merenggut ribuan nyawa setiap tahunnya.

"Padahal, kecelakaan bisa diatasi hanya dengan menjaga kecepatan kendaraan. Jadi 10% saja kecepatan yang bisa kita kurangi, itu artinya fatalitas kecelakaan bisa berkurang hingga 20%,” ungkap Kepala Bidang Manajemen Operasi dan Rekayasa Korlantas Polri, Kombes Polisi Unggul Sedyantoro.

"Selisih 20% tersebut, tentu bisa menjadi batas antara hidup dan matinya seseorang."

Sementara itu, dalam mengatur kecepatan kendaraan, ada 2 komponen yang menjadi penentu.

“Kecepatan itu berhubungan langsung dengan komponen kendaraan dan pengemudi. Namun yang paling banyak berperan tentu pengemudi,” terangnya.

Ia menyebut, pengemudi haruslah memiliki 2 komponen penting yang menentukan keselamatan yaitu antisipasi dan reaksi. Antisipasi adalah kondisi pengemudi dalam menghadapi segala sesuatu di jalan dan reaksi adalah pengembilan keputusan di jalan.

“Pengemudi yang cakap, antisipasi dan reaksinya pasti bagus, apalagi secara teori setengah detik saja ada pengaruhnya,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Ia pun menambahkan bahwa semakin kencang kendaraan, maka antisipasi dan reaksi dipastikan juga akan semakin melambat.

“Kecepatan yang paling dikuasai itu bergantung kebiasaan pengendara.  Tapi sesuaikan saja dengan rambu-rambunya. Kalau tidak biasa, mengemudi di atas 100km/jam membuat antisipasi dan reaksi terganggu. “

Komponen kedua barulah kendaraan. Kalau keduanya sudah bagus, maka barulah kondisi kendaraan seperti rem, ban. Semakin kencang kendaraan, maka jarak pengereman itu semakin jauh. Makanya jarak rambu dengan titik tujuannya (gerbang tol dan sebagainya) jauh, sebab kecepatan di jalan tol memang tinggi,” tutupnya. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual