PLN Disjaya Siapkan 1.000 Stasiun Pengisian Listrik di Jakarta

Berita Otomotif

PLN Disjaya Siapkan 1.000 Stasiun Pengisian Listrik di Jakarta

JAKARTA – PT PLN Disjaya memasang target untuk mengadakan 1.000 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di Ibukota hingga akhir tahun.

PLN Disjaya menjadi pelopor penggunaan kendaraan listrik di Ibukota. Bahkan perusahaan listrik milik negara tersebut mencetak rekor MURI dengan kategori konvoy motor listrik terbanyak. Bekerjasama dengan Viar Indonesia, PLN Disjaya akan menggunakan 60 unit motor listrik Q1 sebagai operasional.

Puluhan kendaraan jenis skuter listrik tersebut akan didistribusikan pada 17 area PLN Disjaya. Viar Q1 ini akan digunakan untuk keperluan non teknis, seperti pemasaran.

“Ini adalah cara kami untuk mengajak kepada perubahan. Karena sesuai instruksi presiden Jokowi, penggunaan BBM berbahan dasar fosil harus dikurangi. Dan cara yang paling tepat adalah mulai dari diri sendiri,” kata Ikhsan Asaad, General Manager PLN Disjaya.

Tidak hanya menggunakan motor listrik sebagai armada operasionalnya. PLN disjaya juga telah mengadakan SPLU di beberapa titik Ibukota. Bahkan mereka menargetkan hingga akhir tahun akan mengadakan 1.000 titik pengisian umum.

“Saat ini sudah ada 700 charging station atau SPLU di seluruh Jakarta, wilayahnya bisa dilihat di internet. Fokus kami adalah pengguna harian maka kami mengadakan fasilitas ini di dekat pasar dan tempat keramaian lainnya,” jelas Ikhsan di Jakarta (27/11/2017).

Fasilitas yang disediakan PLN Disjaya tersebut dikembangkan tidak hanya untuk kendaraan listrik roda dua, namun juga bisa digunakan untuk mobil listrik. SPLU tersebut menggunakan metode pembayaran elektronik.

“Charging Station ini bukan hanya untuk motor saja tapi mobil listrik juga bisa menggunakannya. Kami sudah melakukan uji coba dengan BMW i8 dan hasilnya aman. Untuk pembayarannya bisa dengan pembelian token seperti listrik rumahan, atau kami juga tengah mengembangkan pembayaran e-money,” ungkapnya kemudian. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual