Perusahaan Taksi Online Ini Bayar Ribuan Orang untuk Tak Bawa Mobil Sebulan

Berita Otomotif

Perusahaan Taksi Online Ini Bayar Ribuan Orang untuk Tak Bawa Mobil Sebulan

CALIFORNIA – Perusahaan taksi online atau ride sharing Amerika Serikat (AS), Lyft, berani membayar ribuan orang untuk tak membawa mobil pribadi selama sebulan demi mempromosikan ‘hidup tanpa kendaraan pribadi’.

Lyft, seperti diwartakan Bloomberg pada akhir pekan ini, bakal memilih 2.000 orang di lebih dari 30 kota AS yang bersedia tak mengemudikan mobil mereka pada 8 Oktober hingga 6 November. Mereka akan dibayar sekitar 500 – 600 dollar AS (Rp 7,44 juta – 8,93 juta), tergantung wilayah, dalam bentuk pulsa yang dapat digunakan di berbagai layanan Lyft seperti taksi online, sepeda online maupun untuk membayar transportasi publik.

Strategi pemasaran ‘gila’ bernama Ditch Your Car ini sebenarnya sudah diluncurkan sejak Agustus. Namun, ketika itu, program hanya berlangsung di Chicago dengan total peserta sebanyak 100 orang saja dengan bayaran 550 dollar AS (Rp 8,19 juta).

Kompetitor berat Uber di ‘Negeri Paman Sam’ tersebut kini memperluasnya ke Atlanta, Austin, Baltimore, Boston, Charlotte, Chicago, Cleveland, Columbus, Dallas/Fort Worth, Denver, Detroit, Houston, Indianapolis, Jersey City, Los Angeles, Miami, Milwaukee, Minneapolis/St. Paul, Nashville, New Orleans, New York, Orange County, Orlando, Philadelphia, Phoenix, Pittsburgh, Portland, Richmond, Salt Lake City, San Antonio, San Diego, San Francisco, Seattle, St. Louis, Tampa, Toronto and Washington DC.

“Kita sudah sangat dekat dengan pergeseran besar dari transportasi pribadi menjadi transportasi sebagai sebuah layanan. Ditch Your Car adalah perwujudan misi yang menjadi komitmen kami selama lebih dari satu dekade,” kata John Zimmer, President and Co-Founder Lyft.

Zimmer merupakan salah satu orang yang meyakini taksi online akan mengubah model bisnis industri otomotif. Bahkan, ia berani memproyeksikan bahwa pada 2025—hanya tujuh tahun dari sekarang—kepemilikan mobil pribadi tak akan ada lagi di kota-kota besar AS. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar