Grup Astra Garap Bisnis Taksi Online Lewat Aplikasi ‘Sejalan’

Berita Otomotif

Grup Astra Garap Bisnis Taksi Online Lewat Aplikasi ‘Sejalan’

JAKARTA – PT. Astra International (Grup Astra) terus mengembangkan usaha mereka di berbagai sektor. Termasuk bisnis online yang sekarang makin diseriusi dengan menghadirkan aplikasi taksi online (ride sharing) bernama ‘Sejalan’.

Sejalan merupakan satu dari tiga aplikasi smartphone (ponsel pintar) yang diciptakan PT.Astra Graphia (Astra Digital) sebagai anak perusahaan Grup Astra di bidang teknologi informasi. Aplikasi ini hadir meski Grup Astra sudah berinvestasi 150 juta dollar AS (Rp 2,23 triliun) di Go-Jek pada Februari 2018. Adapun dua aplikasi lainnya adalah Seva.id serta CariParkir.

“Dengan memperkuat platform digital, Astra Digital hadir untuk memberikan solusi yang lebih inovatif, relevan dan customer-oriented. Selain solusi yang tepat, customer engagement menjadi hal yang sangat penting untuk menjangkau dan mempererat hubungan kami dengan pelanggan. Khususnya dengan generasi milenial yang juga konsumen masa depan Astra,” ujar Djap Tet Fa, Chief of Astra Digital.

Sejalan merupakan aplikasi taksi online yang mempertemukan pengemudi (kapten Sejalan) dan penumpang (teman Sejalan) dengan rute perjalanan searah. Lewat Sejalan, pengemudi dan penumpang dapat saling berbagi biaya ataupun sekadar mendapatkan teman berbincang selama perjalanan.

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, Sejalan sudah dapat diunduh dari Google Play Store maupun Apple Store. Pengunduh bisa memilih ingin menjadi pemberi tumpangan atau sekadar penumpang dengan terlebih dahulu mengisi data identitas seperti nama, nomor telepon, alamat e-mail, jenis kelamin serta foto diri bersama KTP.

Untuk yang ingin menjadi pemberi tumpangan, aplikasi membutuhkan data tambahan semisal jenis mobil, foto STNK, fasilitas di dalam mobil, sampai dengan informasi mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh penumpang. Tarif menumpang lebih fleksibel karena berdasarkan kesepakatan bersama.

Tarif yang berdasarkan atas kesepakatan menjadi satu aspek yang membedakan Sejalan dengan para pesaing seperti Go-Jek dan Grab. Selain itu, jika Go-Jek maupun Grab menyediakan opsi taksi atau ojek online, Sejalan fokus pada moda transportasi roda empat.

Seva.id dan CariParkir
Di samping taksi online, Grup Astra merambah pula bisnis jual-beli mobil berbasis online lewat Seva.id. Sementara, CariParkir merupakan aplikasi yang memudahkan pengguna menemukan tempar parkir terdekat yang masih kosong.

Pengunduh CariParkir kemudian dapat memsan slot parkir sebelum dia sampai ke tempat parkir tujuan. Aplikasi ini dibuat karena Astra Digital menyadari adanya keterbatasan lahan parkir yang tersedia saat ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support