Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pertamina Targetkan Produksi BBM Euro 5 dalam 5-7 Tahun Ke Depan

Berita Otomotif

Pertamina Targetkan Produksi BBM Euro 5 dalam 5-7 Tahun Ke Depan

JAKARTA – Dalam 5 – 7 ke depan, PT Pertamina menargetkan dapat memproduksi BBM berkualitas dan ramah lingkungan yang sesuai dengan standar Euro 5.

Untuk menuju ke arah itu, Pertamina sedang memodernisasi kilang (Refinery Development Masterplan Program/RDMP) dan pembangunan kilang baru (Grass Root Refinery/GRR).

Kilang-kilang yang ada saat ini seperti Balikpapan, Balongan dan Cilacap disiapkan untuk memproduksi BBM (bahan bakar minyak) Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex (diesel) berstandar Euro 5.

Meski demikian, Pertamina sedang berupaya memproduksi BBM setara Euro 4. Diharapkan sebelum Asian Games 2018 dan pertemuan IMF pada Oktober 2018, tepatnya mulai Mei 2018 BBM setara dengan Euro 4 sudah dijual di Jabodetabek, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Banyuwangi, Bali, Bandung dan Labuan Bajo.

“Ketersediaan dan distribusi BBM berkualitas akan berdampak positif bagi kepentingan produksi dan daya saing industri otomotif nasional. Penyediaan BBM berkualitas merupakan komitmen Pertamina menekan pencemaran udara dan menjamin efisiensi kendaraan,” ujar Arya Dwi Paramita, external commucation manager PT Pertamina, di acara Bro Ringo FORWOT, di Bogor, kemarin (26/3). 

Dia pun merujuk Peraturan Menteri (Permen) Kementerian Lingkungan Hidup & Kehuatanan No 20 tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O. Di peraturan ini disebutkan standar emisi Euro 4 akan diberlakukan di Indonesia.[Idr]  



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang