Perluasan Aturan Ganjil-Genap Bawa Berkah Bagi Dealer Mobil Bekas

Berita Otomotif

Perluasan Aturan Ganjil-Genap Bawa Berkah Bagi Dealer Mobil Bekas

JAKARTA – Perluasan aturan ganjil-genap di Jakarta ternyata membawa berkah bagi dealer mobil bekas, bahkan bagi outlet yang letaknya di pinggiran kota.

Dealer mobil bekas mengaku mengalami kenaikan penjualan pada saat perluasan aturan ganjil-genap pertama kali diterapkan yaitu selama Asian Games 2018. Di antaranya adalah Toyota Trust.

Sekadar mengingatkan, rekayasa lalu lintas berdasarkan pelat nomor polisi kendaraan yang awalnya hanya berlaku di sebagian kecil jalan protocol Jakarta secara resmi diperluas mulai Agustus tahun lalu demi mengurangi kepadatan di jalan. Kebijakan ini terus diperpanjang hingga akhirnya dipermanenkan pada awal 2019, karena dinilai cukup mampu mereduksi kemacetan Ibu Kota.

“Agustus tahun lalu saat ada (perluasan) ganjil-genap ada efeknya bagi kami. Itu berpengaruh ke penjualan mobil bekas,” kata Abdul Rahim Ahimsa Ramadhan, Sales Supervisor Toyota Trust.

Hal itu diketahui Aim—sapaan akrabnya—dari kenaikan volume penjualan serta alasan para konsumen mencari serta membeli mobil seken. Mereka tidak mengacu pada model ataupun tahun produksi, melainkan pelat nomor.

“Penjualan kami di Agustus itu naik 30 – 50 persen jika dibandingkan dengan Juli. Kami tahu ini karena ganjil-genap karena berdasarkan database para konsumen bertanya bukan tipe model kendaraannya apa, tapi pelat nomornya apa. Ada yang sudah tertarik satu model dan sudah melihatnya lama tapi akhirnya batal karena pelat nomor. Akhirnya beli model lain dan itupun hanya melihat sebentar,” jelasnya dalam acara Auto Trust Fair 2.0 akhir pekan lalu.

Aim menilai hal ini karena ada di antara masyarakat yang ingin menyiasati aturan ganjil-genap terbaru namun terlalu berat jika membeli mobil baru. Para agen pemegang merek, di sisi lain, sempat berkata bahwa tidak ada kenaikan penjualan mobil baru karena regulasi tersebut.

Toyota Trust sendiri merupakan dealer resmi merek asal Jepang tersebut yang antara lain melayani pembelian mobil baru khusus dengan cara tukar-tambah. Outlet yang baru dibuka pada Juli 2018 itu pun meladeni pembelian mobil bekas Toyota dengan sertifikat resmi dari agen pemegang merek di Indonesia untuk membuktikan kualitasnya.

Model yang dijual mulai dari low cost green car (LMPV) Toyota Agya hingga multi purpose vehicle (LMPV) Toyota Alphard dengan tahun produksi beragam. Adapun kisaran harganya adalah Rp 80 juta – 800 juta.

“Biasanya per bulan kami bisa menjual antara 30 – 80 unit,” tukasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support