Perjalanan Nissan LEAF Setara 2600 Bumi-Bulan

Berita Otomotif

Perjalanan Nissan LEAF Setara 2600 Bumi-Bulan

TOKYO – Nissan mengklaim Nissan LEAF sebagai mobil listrik massal terlaris dunia. Dan, Desember 2015, Nissan LEAF memasuki usia 5 tahun.

Sejak diluncurkan 2010 hingga awal Januari 2016 penjualan Nissan LEAF akan mencapai 200.000 unit. Tidak ada satu produsen yang memproduksi mobil listrik sebanyak Nissan, dan tanpa emisi.

Hingga kini, Nissan menyatakan ratusan ribu Nissan LEAF tersebut telah bergerak sejauh 2 miliar kilometer, atau setara dengan perjalanan dari Bumi ke bulan sebanyak 2600 kali. Woouww...

Amerika Serikat, Jepang dan Eropa menguasai 90% penjualan Nissan LEAF. Di Amerika Serikat penjualannya mencapai 90 ribuan unit, Jepang 50 ribuan unit dan Eropa 40 ribuan unit.

Kini, Nissan LEAF 2016 dibekali baterai Lithium-ion berkapasitas lebih besar, 30 kWh. Penjualan model baru ini dimulai di AS sejak November 2015, Jepang di Desember tahun ini, dan Eropa mulai Januari 2016.

Dengan baterai baru jarak tempuhnya dalam sekali charge bertambah 20%. Kini, daya jelajahnya diperkirakan mencapai 172 kilometer dengan sekali charge baterai.

“Teknologi EV (kendaraan listrik) akan menjadi bagian dari jantung Nissan dan pengembangan kami,” ujar Nissan president and CEO Carlos Ghosn.
“Dengan menggabungkan perintis teknologi EV dan kecerdasan dan inovasi lainnya, Nissan bergerak lebih dekat ke masa depan emisi-nol untuk transportasi mobil. Dengan teknologi-teknologi, kami menciptakan, mobilitas menjadi lebih aman, bersih, lebih terhubung dan lebih menarik. Itulah kekuatan inovasi. Dan itulah apa yang dapat Anda harapkan dari Nissan."

Kesuksesan ini tidak terlepas dari keberadaan Tama Electric Vehicle, pada 68 tahun silam. Selama bertahun-tahun Nissan mendedikasikan diri mengembangkan baterai, dari zinc, nikel hingga lithium-ion. Pada 1996, Nissan menjadi perusahaan pertama yang memasarkan kendaraan listrik berbaterai lithium-ion dengan Nissan Prairie Joy EV.

Beberapa waktu lalu, Nissan mengumumkan akan investasi sebesar 500 miliar yen untuk mengembangkan mobil-mobil listrik. [Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual