Baru Beli Toyota Avanza Bekas, Cek Kembali Kondisi Kaki-kaki

Panduan Pembeli

Baru Beli Toyota Avanza Bekas, Cek Kembali Kondisi Kaki-kaki

JAKARTA - Bagi Anda yang baru saja meminang Toyota Avanza bekas keluaran 2017 dengan sistem penggerak roda belakang tidak ada salahnya untuk cek kembali kondisi kaki-kaki terutama rack steering.

"Kebanyakan Avanza yang masuk ke bengkel sini itu bermasalah pada rack steering, karena model sebelumnya itu pakai minyak power steering dan banyakan yang pakai Electric Power Steering (EPS) itu masuk kesini gara-gara rack steer," ujar Uban pemilik bengkel spesialis kaki-kaki, Uban Jaya Motor.

Menurut Uban, banyaknya Avanza dengan EPS bermasalah di rack steering, karena kurangnya perawatan.

"Jadi kan kalau EPS itu kan pakai gemuk ya otomatis tersambung dengan rack steer dan karena kurang dikasih gemuk, otomatis jadi rusak itu. Malah power steering dengan minyak itu lebih awet dan jarang rewel." ujarnya. 

Memang secara perawatan lebih mudah EPS daripada power steering konvensional, namun kembali lagi jika lalai maka urusan bisa makin panjang. Bahkan, untuk rack steering harganya mencapai Rp1,9 juta. 

Kelemahan Mobil Penggerak Roda Depan

Jika sebelumnya Avanza menggunakan sistem penggerak roda belakang, tapi pada generasi terbaru berubah menjadi penggerak roda depan.

Uban menyarankan agar pemilik Avanza terbaru selalu periksa as roda.

"Biasanya kalau bagian as roda harus diperhatikan biasanya itu kelemahannya dari penggerak roda depan. apalagi Avanza kan dikenal sebagai mobil operasional juga kan. Kaki-kaki seperti tie-rod balljoint dan long-tie rod juga bakalan cepat aus," Pungkas Uban. (AP/)




Berita Utama


Komentar