Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Perhatian, Pengguna Jalan yang Terdampak One Way Jangan Menunggu di Gerbang Tol

Berita Otomotif

Perhatian, Pengguna Jalan yang Terdampak One Way Jangan Menunggu di Gerbang Tol

JAKARTA - Rekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah atau one way di tol Semarang-Jakarta resmi diberlakukan pada Jumat (6/5/2022). Pengguna jalan yang terdampak one way disarankan untuk melalui jalur arteri dan tidak menunggu atau mengantre di depan gerbang tol. 

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan Kementerian Perhubungan (Kemnhub) serta stakeholder terkait telah menyusun beberapa skema rekayasa lalu lintas dalam menghadapi arus balik Lebaran 2022. 

Sebut saja satu di antaranya penerapan sistem one way yang baru saja diberlakukan mulai dari gerbang tol Kalikangkung Km 414, Semarang sampai Km 47 Tol Jakarta-Cikampek.

Sistem one way (Foto: Jasa Marga)

Sistem one way pada ruas tersebut rencananya akan berlaku hingga Minggu (8/5/2022). 

Penerapan one way tentu akan berimbas kepada pengguna jalan yang hendak melakukan perjalanan melalui tol dari Jakarta ke arah Semarang.

Untuk itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi mengimbau ada baiknya pengguna jalan mencari rute alternatif selain tol dan memilih waktu keberangkatan yang tepat.

"Mohon pengertiannya, kita sama-sama di jalan raya, manfaatkan jalur yang ada. Secara teknis kita sampaikan, apabila ada yang mau menuju lokasi yang tidak bisa lewat jalan tol, manfaatkan waktu sore atau malam hari. Di mana masyarakat lokal sudah mulai istirahat, jalan agak cukup lengang," kata Firman dikutip dari situs NTMC Polri.

Dirinya juga menyarankan agar pengguna jalan tidak memaksakan diri menunggu sistem one way selesai di gerbang tol supaya tidak terjadi antrean kendaraan.

"Jadi tidak usah menggantungkan atau menunggu di pintu-pintu tol yang sementara masih kami gunakan sebagai penerapan one way," terangnya.

One Way Kemungkinan Berlaku 24 Jam

Pemberlakuan sistem one way khususnya di tol Semarang-Jakarta diterapkan pada jam-jam tertentu. Namun, tidak menutup kemungkinan berubah dari waktu yang sudah ditetapkan. 

Berikut rencana pelaksanaan sistem one way di tol Semarang-Jakarta pada arus balik Lebaran 2022:

  • Jumat 6 Mei 2022 pukul 14.00 WIB sampai 24.00 WIB 

Mulai gerbang tol Kalikangkung Km 414 sampai Km 47 tol Cikampek, diteruskan contraflow sampai dengan Km 28.500.

  • Sabtu 7 Mei 2022 pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB 

Dari gerbang tol Kalikangkung Km 414 sampai Km 3.500 gerbang tol Halim.

  • Minggu 8 Mei 2022 pukul 07.00 WIB sampai Senin, 9 Mei pukul 03.00 WIB 

Mulai dari gerbang tol Kalikangkung Km 414 sampai Km 3.500 gerbang tol Halim.

Pelaksanaan rekayasa lalu lintas tersebut bersifat situasional. Apabila terjadi kepadatan arus kendaraan maka Korlantas Polri berencana menambah durasi pemberlakuan one way. 

"Bisa saja pelaksanaan one way ini kami laksanakan terus 24 jam sampai dengan hari Minggu (8/5/2022). Jadi kami informasikan supaya masyarakat jangan menunggu di depan pintu tol. Lebih baik ikuti dengarkan jadwal-jadwalnya semoga landai kita akan berikan relaksasi satu lajur, bisa saja." pungkas Firman.

Penulis: Santo Sirait

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Tutus Subronto

Tutus Subronto

Editor

Head of Media Content iCar Asia Indonesia. Email: tutus.subronto@icarasia.com


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang