Perhatian! 10 Kawasan Jakarta Ditutup pada Malam Tahun Baru 2022

Berita Otomotif

Perhatian! 10 Kawasan Jakarta Ditutup pada Malam Tahun Baru 2022

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya bersiap menutup 10 kawasan Ibu Kota pada malam tahun baru 2022. Berbagai jenis kendaraan tidak diperbolehkan memasuki area-area tersebut.

Kebijakan bernama Crowd Free Night (CFN) itu, seperti dilaporkan situs NTMC Polri pada Senin (27/12/2021), akan diterapkan di berbagai area di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, maupun Jakarta Utara. Adapun waktunya mulai Jumat (31/12/2021) malam hingga Sabtu (1/1/2022) subuh.

“Momen tahun baru akan dilaksanakan CFN di 10 kawasan dari pukul 22.00 sampai dengan 04.00,” ujar Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Momen pergantian tahun dari 2021 ke 2022 sendiri masih berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Pandemi yang sejauh ini diketahui berawal dari China tersebut masuk ke Indonesia sejak awal 2020.

Lebih lanjut, detail pelaksanaan CFN pada malam tahun baru akan dibahas dalam rapat koordinasi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, serta Kodam Jaya. Bakal didiskusikan pula mengenai tindakan pengamanan di sejumlah obyek wisata.

“Iya (rapat koordinasi dengan Pemprov DKI dan Kodam Jaya). Mungkin tanggal 30 (Desember). Penentuan CFN dan pengamanan tempat wisata,” beber Sambodo.

Kawasan Jakarta yang Ditutup Pada Malam Tahun Baru 2022

Kesepuluh kawasan yang ditutup pada malam tahun baru 2022 merupakan titik-titik keramaian di Ibu Kota. Jakarta Pusat terpantau menjadi fokus utama karena menjadi ‘penyumbang’ titik penutupan yang paling banyak.

Soalnya, mayoritas CFN berada di sentral Ibu Kota. Berikut adalah rinciannya:

  • Sudirman-Thamrin
  • Kemang
  • Bulungan Barito
  • Senopati, Gunawarman, SCBD
  • Asia Afrika
  • Kota Tua
  • Banjir Kanal Timur
  • Kemayoran
  • Kelapa Gading
  • Monas

Selain mengungkapkan mengenai CFN dan pengamanan di sejumlah lokasi wisata, Sambodo menjelaskan pula rencana pengamanan di beberapa ruas tol keluar-masuk Jakarta. Ada tiga titik ruas tol yang ia sebut.

Semua titik itu berada di area penyangga Jakarta.

“Di Km 10 Cikunir, Km 19 Rest Area, Km 29 Cikarang,” jelas Sambodo. [Xan/Dms]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar