1,4 Juta Mobil Tinggalkan Jakarta, Masih akan Bertambah Hingga Akhir Nataru?

Berita Otomotif

1,4 Juta Mobil Tinggalkan Jakarta, Masih akan Bertambah Hingga Akhir Nataru?

JAKARTA - Hingga Hari Natal 2021 kemarin, tercatat lebih dari 1,4 juta mobil meninggalkan Ibu Kota dan sekitarnya. Apakah masih akan bertambah saat libur tahun baru 2022 pekan ini?

PT. Jasa Marga, melalui keterangan resmi, mengumumkan 1.422.094 mobil mengarah ke luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) pada H-8 perayaan Natal (17 Desember) sampai Hari-H Natal (25 Desember) tahun ini.

Seperti catatan sebelumnya, volume tersebut dikumpulkan dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama yakni GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), maupun GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Jika dibandingkan dengan lalu lintas normal pada November 2021, terdapat kenaikan sekitar 5 persen, dari sebelumnya 1.354.453 mobil.

Sekadar mengingatkan, pada momen libur Natal 2021 dan tahun baru 2022 (nataru) ini pemerintah meniadakan cuti bersama.

Adapun tujuannya adalah untuk meminimalisir mobilitas masyarakat di akhir tahun pada masa pandemi Covid-19, kemudian mengurangi potensi penularan virus secara massif ke berbagai daerah.

Pandemi yang sejauh ini diketahui berawal di China itu sendiri diumumkan masuk Indonesia pada Maret 2020 dan sampai sekarang masih belum sirna.

Lebih lanjut, dari 1,4 juta kendaraan yang meninggalkan Jakarta dan sekitarnya pada H-8 dan Hari-H Natal 2021, sebanyak 46 persen di antaranya--653.582 unit--menuju timur (Trans Jawa dan Bandung).

Lalu, 31,4 persen atau setara 446.452 unit menuju barat (Merak). Adapun 22,6 persen sisanya, atau sekitar 322.060 unit, mengarah ke selatan (Puncak).

Seperti pernyataan pers sebelumnya, Jasa Marga mengingatkan kepada masyarakat yang masih ingin bepergian ke luar kota pada masa Nataru kali ini agar dapat bersiap sebelum dan selama memasuki jalan tol.

Contohnya dengan mengisi bahan bakar minyak (BBM) serta saldo uang elektronik dengan cukup, mematuhi rambu-rambu maupun arahan petugas, dan istirahat saat lelah berkendara.

Diingatkan pula untuk terus melakukan protokol kesehatan pandemi.

Misalnya menggunakan masker, rutin mencuci tangan dengan hand sanitizer atau air dan sabun setelah memegang berbagai benda, menjaga jarak antarorang di rest area, dan menjauhi kerumunan. [Xan]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil bekas berkualitas <<<<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar