Mazda CX-30 Diklaim Memulai Penjualan dengan Mulus

Berita Otomotif

Mazda CX-30 Diklaim Memulai Penjualan dengan Mulus

BANDUNG – Penjualan CX-30, sport utility vehicle (SUV) termurah kedua Mazda di Indonesia, diklaim mencapai hampir seperempat dari target penjualan setahun dalam waktu kurang dari sebulan.

CX-30 resmi diluncurkan di Tanah Air pada 28 Januari 2020, melalui seremoni yang berlangsung di La Moda, Plaza Indonesia, Jakarta. Distribusi ke konsumen dilakukan mulai Februari. Dengan banderol Rp 478,8 juta serta Rp 518,8 juta on-the-road Jakarta untuk dua variannya, CX-30 menjadi SUV termurah kedua di Nusantara saat ini.

“Sejak diluncurkan (akhir Januari) kemarin di La Moda, kami sudah lakukan road show. Sudah ke Semarang, Surabaya, Palembang, Bandung, Solo, Yogyakarta, dan Bogor,” ucap Fedi Dwi Parileksono selaku Head of Public Relations and Media Communications PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI), menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam uji kendara CX-30 di Lembang, Bandung pada 26 – 27 Februari kemarin.

Menurut data terakhir yang ia terima dari acara yang digelar di tujuh kota tersebut, CX-30 sudah membukukan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sekitar 80 unit. Target penjualannya sendiri adalah 400 unit hingga akhir tahun nanti, sehingga pemesanannya sudah nyaris seperempat dari angka itu.

“Model ini, kan, meluncurnya saja baru akhir Januari kemarin. Sejauh ini, sih, kami masih optimistis mengingat ini model baru dan termasuk dari model generasi ketujuh. Penerimaan pasar sejauh ini terlihat cukup bagus,” nilai Fedy.

Seperti juga semua model Mazda lain di Indonesia, CX-30 masih diimpor utuh (Completely Built-Up/CBU) dari beragam negara. CX-30 sendiri dikapalkan dari Malaysia.

“Kami sekarang sedang berusaha memenuhi inden-inden yang masih ada kemarin-kemarin. Kemarin, sih, sudah ada beberapa puluh unit yang sudah datang. Kami berusaha tidak ada inden tapi kalau inden paling lama sebulan,” lanjut Fedy.

Saat ini, Mazda punya lima model SUV di Nusantara. Model pertama sekaligus termurah adalah CX-3, dilanjutkan secara berturut-turut oleh CX-30, CX-5, CX-8, CX-9.

CX-30 dipersenjatai mesin SKYACTIV – G 2.0 liter bertenaga 153 hp dengan torsi 200 Nm. Adapun transmisinya adalah otomatis 6-percepatan.

Fitur-fitur standar CX-30 antara lain layar sentuh 8,8 inchi dengan Mazda Connect, i-Stop Idling Stop System, airbag di sisi depan, samping, dan lutut pengemudi, sistem pengereman ABS+EBD, BA, Dynamic Stability Control, Traction Control System, Hill Launch Assist, G-Vectoring Control Plus, Front and Rear Parking Sensors.

Varian teratas, GT, punya paket fitur keselamatan i-ACTIVSENSE lebih lengkap sekaligus canggih. Di antaranya adalah Adaptive Cruise Control serta Smart City Support Brake. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support