Daihatsu Paling Laris Kedua Pada Tahun 2019

Berita Otomotif

Daihatsu Paling Laris Kedua Pada Tahun 2019

JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali meraih posisi kedua dalam penjualan retail otomotif nasional sepanjang 2019, capaian ini adalah yang sebelas kalinya sejak 2009.
 
Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, bahwa market share Daihatsu pada tahun 2019 sekitar 17 persen dari total penjualan pasar otomotif. 
 
“Sepanjang tahun 2019, kami sudah menjual sebanyak 177.588 unit. Maka menurut hitung-hitungan kami, tahun 2019 masih pada posisi kedua. Namun untuk lebih jelasnya tunggu saja data dari Gaikindo,” jelas Hendrayadi.
 
Hendrayadi juga memaparkan, terdapat tiga model yang menjadi andalan Daihatsu pada 2019. Mereka adalah Sigra yang memiliki porsi penjualan sebesar 29%, Gran Max 21% dan Xenia 16%. Dan ketiga model ini selalu menjadi kontributor tertinggi penjualan Daihatsu dalam 3 tahun terakhir.
 
Khusus untuk penjualan Xenia, pada 2019 mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 52 persen. Hal ini disebabkan oleh kapasitas produksi yang harus terbagi demi memenuhi permintaan ekspor. Kerana itu Daihatsu fokus mendorong penjualan Sigra, hingga menjadi model terlaris Daihatsu 2019.
 
Daihatsu secara umum juga mengklaim bahwa capaiannya ini juga karena kuatnya jaringan penjualan dan purna jual (after sales) yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini juga termasuk dari penambahan jaringan dealer yang dinilai berkontribusi positif terhadap penjualan Daihatsu pada 2019.
 
“Mengingat persaingan pasar otomotif di dalam negeri yang semakin ketat, maka kami bersyukur dapat mempertahankannya selama 11 tahun. Dan pencapaian ini juga tidak terlepas dari hasil inovasi yang dilakukan team demi meningkatkan safety, quality, dan efficiency,” kata Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM. [Ric/Ari]



Berita Utama


Komentar