Tips Daihatsu Soal Evakuasi Mobil Korban Banjir

Panduan Pembeli

Tips Daihatsu Soal Evakuasi Mobil Korban Banjir

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengingatkan kepada pelanggannya untuk berhati-hati saat mengevakuasi kendaraan bekas banjir.

Pasalnya, kendaraan bertransmisi manual dan otomatis harus berbeda tindakannya. Salah tindakan yang membedakan adalah cara untuk mengevakuasi mobil korban banjir, apakah di derek atau digendong.

Untuk kendaraan bertransmisi manual,   bisa dibawa dengan cara ditarik atau pun towing. Sedangkan, khusus transmisi kendaraan otomatis, mobil harus digendong untuk menghindari kerusakan karena tidak adanya pelumasan.

Selain itu, mobil yang perlu diperhatikan paska banjir adalah komponen kelistrikan seperti ECU, Relay, dan Junction Block. Hal pertama yang harus dihindari adalah menyalakan mobil setelah terendam banjir, karena dapat menyebabkan korsleting atau kerusakan serius pada komponen elektrikal mobil. Pastikan keadaan komponen elektrikal kering seluruhnya ketika ingin menyalakan mobil.

Lalu, perhatikan juga komponen interior seperti karpet dasar, jok kursi, door trim, dan head lining. Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari ruang mesin, kabin, bagasi, hingga saringan udara AC agar tidak menyebabkan penumpukan kotoran, jamur, aroma tidak sedap, dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin. Serta, perbaikan komponen exterior seperti dent atau baret pada panel bodi karena dipengaruhi tingginya air dan berdampak pada estetika mobil.

Untuk mempermudah evakuasi dan mengembalikan kendaraan ke kondisi semula, PT ADM memberikan sejumlah kemudahan untuk pelanggannya. Sejumlah diskon diberikan untuk kendaraan Daihatsu yang terkena banjir. Diharapkan program tersebut bisa meringankan penderiaan korban bencana. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support