Penjualan Isuzu Traga Naik Signifikan, Ternyata Ini Sebabnya

Berita Otomotif

Penjualan Isuzu Traga Naik Signifikan, Ternyata Ini Sebabnya

JAKARTA – Penjualan Isuzu Traga selama Januari – September 2019 kemarin diklaim naik mendekati 200 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), menjelaskan bahwa penjualan retail (dari dealer ke konsumen) Traga pada sembilan bulan pertama tahun ini berjumlah 4.288 unit. Pada rentang waktu yang sama tahun lalu, jumlahnya masih 1.528 unit.

“Penjualan Traga naik 180,6 persen. Ini jauh di atas kenaikan di segmen pikap medium di Indonesia sebesar 21 persen,” ucap dia dalam Workshop Industri Grup Astra pada Senin (19/11/2019) di Menara Astra, Jakarta.

Peningkatan amat pesat tersebut, menurut mantan Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) ini, karena pada 2018 Traga baru meluncur pada April. Dengan demikian, baru pada 2019 model tersebut dijual setahun penuh sehingga peningkatannya terlihat loncat sangat jauh.

“Tahun lalu, karena meluncur, kami masih perlu menata dengan baik berbagai hal agar prosesnya berjalan dengan lancar. Baru pada tahun ini kami bisa dorong supaya cukup sesuai dengan permintaan yang ada. Kalau mobil bak, biasa kita lihat untuk angkutan hasil bumi. Angkut telor dari sumbernya ke kota besar, sayur-mayur,” papar Rahmat.

Isuzu mampu menjual rata-rata 500 – 600 unit Traga setiap bulannya. Merek asal Jepang ini mengakui cukup puas dengan raihan tersebut.

“Karena Traga main di pikap medium, aplikasinya umumnya untuk mobil bak dan boks. Kalau untuk boks, pasti kami sudah tahu untuk apa yaitu biasanya untuk mengirim barang-barang, baik di dalam kota maupun antar kota. Barang-barang sandang, pangan, logistik, dan lain sebagainya,” tandasnya lagi.

Kehadiran dan penerimaan konsumen terhadap Traga sendiri diklaim menjadi penyebab kenaikan penjualan 21 persen di segmen pikap medium.

“Adanya Traga ini juga yang mengakibatkan pasar di segmen ini meningkat,” tandasnya.

Di samping Traga, Isuzu masih punya dua model kendaraan komersial lain yaitu Elf (pikap kecil) maupun Giga (truk medium). Performa keduanya turun sesuai dengan penurunan pasar. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support