Isuzu Indonesia Berambisi Jadi Basis Ekspor untuk Negara-Negara Berkembang

Berita Otomotif

Isuzu Indonesia Berambisi Jadi Basis Ekspor untuk Negara-Negara Berkembang

JAKARTA – Isuzu Indonesia sedang berjuang menjadi basis ekspor bagi negara-negara berkembang, dimulai dari ekspor Traga.

Traga, yang baru meluncur di Indonesia pada April 2018, bakal menjadi mobil Isuzu rakitan Indonesia pertama dalam hampir satu dekade yang diekspor. Pikap medium ini akan diekspor ke negara Asia Tenggara dan seremoni bakal berlangsung pada Desember mendatang.

Sebelum ini, Isuzu Indonesia pernah mengekspor Panther pada 2007. Akan tetapi, aktivitas itu hanya bertahan selama beberapa tahun.

Puti Annisa Moeloek, Marketing Communication Department Head PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), mengaku setelah Traga pihaknya belum mendapatkan instruksi dari prinsipal mereka di Jepang untuk mengekspor model lain. IAMI, menurut dia, berharap Traga menjadi pembuka ekspor untuk model-model hasil rakitan pabrik mereka di Karawang, Jawa Barat. Mereka berambisi menjadi basis ekspor untuk negara-negara berkembang.

“Kami berharap fasilitas manufaktur kami, Isuzu Indonesia, menjadi basis (ekspor) ke negara-negara berkembang. Sekarang, selain mendorong dari Isuzu Jepangnya sendiri, kami juga meminta pemerintah membantu kami mendorong Isuzu Jepang agar memilih kami,” ucap dia di sela-sela Workshop Industri Astra pada Senin (19/11/2019) di Menara Astra, Jakarta.

Isuzu merakit tiga model yakni Elf (pikap kecil), Traga (pikap medium), serta Giga (truk medium) di Karawang. Kapasitas terpasang di sana mencapai 50 ribu unit per tahun.

Isuzu Indonesia juga merakit MPV Panther di pabrik PT. Gaya Motor di Sunter, Jakarta. Dua model lain yang mereka jual, SUV Mu-X plus double cabin D-Max, masih diimpor secara utuh dari Thailand.

“Jadi pabrik Isuzu Jepang itu untuk menyuplai kendaraan komersial ke negara-negara berstandar emisi gas buang Euro 4 ke atas. Euro 5, Euro 6. Negara-negara di Eropa, Amerika Serikat, Australia, semua kendaraan Isuzu-nya pasti dari Jepang. Isuzu Thailand untuk menyuplai khusus untuk kendaraan penumpang seperti Mu-X, D-Max,” terang dia.

Isuzu merupakan pabrikan otomotif yang lebih fokus di sektor mobil niaga, di mana pun mereka berada. Selain itu, sejauh ini mereka juga fokus untuk hanya mengembangkan dan membuat mesin diesel. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support