Penjualan Hyundai Creta di Indonesia Sudah Mendekati 5.000 Unit

Berita Otomotif

Penjualan Hyundai Creta di Indonesia Sudah Mendekati 5.000 Unit

JAKARTA — Performa penjualan Creta membuatnya menjadi mobil terlaris Hyundai di Indonesia saat ini. Sejak Januari hingga April 2022, penjualan retail Creta diklaim sekitar 4.800 unit.

“Kalau tidak salah, Januari 360 unit, Februari 1.265 unit, Maret 1.474 unit. Terus, kemarin (April) itu 1.702 unit. Bisa dilihat (pengiriman kepada konsumen) naik terus,” kata Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur merespons pertanyaan Mobil123.com dalam Media Gathering di Jakarta, akhir pekan lalu.

Sekadar mengingatkan, Creta resmi meluncur di Indonesia pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) November 2021 di Serpong, Tangerang. Namun, produksi maupun distribusinya baru terjadi mulai Januari 2022.

Hyundai Creta

Sport utility vehicle (SUV) kompetitor Honda HR-V ini terdiri dari empat varian dan enam tipe. Menurut salah satu situs web diler Hyundai, rentang harga on the road (OTR) Jakarta Creta per Mei 2022 adalah Rp281,5—402,5 juta.

Lebih lanjut, Makmur mengklaim Creta menjadi kontributor utama penjualan Hyundai di Indonesia hingga bulan lalu, tapi persentase detailnya tidak ia beritahukan.

Adapun total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang terkumpul untuk Creta sudah menembus 7.000 unit sejak pertama diperkenalkan.

“Sudah lebih dari 7.000 unit dari pertama kali meluncur,” aku Makmur.

Inden Creta sendiri diklaim tidak lama. Ia menyebut masa tunggunya maksimal hanya sekitar satu bulan.

“Ini karena kapasitas produksi kami untuk Creta sudah banyak. Menurut saya, inden sekitar sebulan terutama untuk warna tertentu. Komponen lokal untuk kapasitas produksi kami sudah besar sekali. Enggak masalah,” lanjutnya.

Hyundai Creta

Bicara spesiifikasi, Creta bermodalkan mesin bensin SmartStream G 1.5-liter yang ‘dijodohkan’ dengan transmisi manual 6-percepatan atau girboks otomatis IVT. Gelontoran tenaganya 113 Hp, dengan torsi puncak 143,8 Nm.

Fitur-fitur yang tersebar di berbagai variannya antara lain Head Unit 8 Inci, Hill Start Assist, Vehicle Stability Management, Wireless Charger, Rear View Monitor,  Full TFT LCD Meter Cluster 10,25 Inci, sistem pengeras suara BOSE, Sunroof, Air Purifier.

Ada pula teknologi bantuan pengemudian aktif Hyundai Smartsense mulai varian ketiga Creta. [Xan/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar