Penggagas Supercar Pertama India Ternyata Baru Berusia 21 Tahun

Berita Otomotif

Penggagas Supercar Pertama India Ternyata Baru Berusia 21 Tahun

NEW DELHI - Setelah memiliki produsen 'mobil biasa' dan truk, India akan segera punya sebuah supercar. Mobil kencang pertama dari India itu dilahirkan oleh Mean Metal Motors dan diberi nama M-Zero.

Ini adalah sebuah proyek ambisius. Terlebih Mean Metal Motors didirikan oleh seorang pengusaha yang baru berusia 21 tahun bernama Sarthak Paul. 

Mean Metal M-Zero yang mengambil desain ala coupe itu terinspirasi dari sailfish, hewan laut tercepat di planet ini. Tubuhnya dibangun dari bahan carbo-flax yang menurut Paul lebih ringan dan lebih murah dibanding serat karbon.

"Aku sedang menonton acara (TV) di mana mereka membahas bagaimana hewan laut tercepat di dunia bergerak melalui udara dan air," jelas Paul dalam sebuah wawancara dengan CNN Money seperti dikutip Left Lane News. 

"Kemudian kami pikir, kenapa tidak kita analisis mengapa hewan laut tercepat menjadi yang tercepat?"

Meskipun prototipe fungsional belum dibangun, mobil ini menurut Paul diharapkan akan mengaplikasi teknologi hybrid. Mesinnya akan menggunakan mesin V8 dengan twin-turbocharged berkapasitas 4.0-liter yang akan bersanding dengan motor listrik kecil. 

Di atas kertas, kekuatan mobil ini bisa mencapai lebih dari 500 tenaga kuda yang akan memungkinkan M-Zero mencapai kecepatan 96 km/jam dalam waktu kurang dari tiga detik, lebih cepat dari Porsche 911 GT3 RS. Kecepatan tertingginya diharapkan bisa mencapai 320 km/jam.

"Kami ingin memberi mereka mobil yang dapat melakukan yang sama atau bahkan lebih dari sebuah Lamborghini," kata Paul.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, Mean Metal Motors akan memperkenalkan konsep pertama M-Zero ini di Paris Motor Show tahun depan. 

Sedangkan model produksinya akan mendarat tak lama kemudian dengan harga dasar antara US$ 125.000 dan US$ 150.000 atau sekitar Rp 1,7 miliar sampai Rp 2 miliar. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support