Pencuri Toilet Emas Seharga Rp 84 Miliar Ini Kabur Menggunakan VW Golf

Berita Otomotif

Pencuri Toilet Emas Seharga Rp 84 Miliar Ini Kabur Menggunakan VW Golf

LONDON - Sebuah Volkswagen (VW) Golf kini sedang dicari-cari oleh Kepolisian Inggris karena menjadi mobil yang digunakan mencuri toilet emas yang harganya mendekati seratus miliar rupiah.

VW Golf R berwarna biru, seperti dikabarkan Carscoops baru-baru ini, sedang menjadi incaran polisi di ‘Negeri Ratu Elizabeth’. Penemuan kendaraan tersebut berpotensi besar ‘mengantarkan’ aparat keamanan kepada para pencuri toilet emas dengan nilai sekitar 6 juta dollar AS (Rp 84,80 miliar).

Toilet yang diberi nama ‘America’ itu sendiri merupakan kreasi dari Maurizio Cattelan. Benda tersebut sebelumnya dipajang dan dipamerkan dalam eksebisi seni di Blenheim Palace, Woodstock, Oxfodshire, Inggris. Namun, pada 14 September, gerombolan yang terdiri dari lima orang berhasil menggondolnya.

Detail bagaiman mereka berhasil mencurinya terbatas. Tapi, informasi secara garis besar yang berhasil dihimpun adalah tiga dari pencuri berhasil masuk ke Palace dan mencopot toilet emas dari instalasinya, sedangkan dua orang lain di dalam komplotan menunggu di dalam kendaraan-kendaraan curian yang mereka siapkan untuk kabur, termasuk salah satunya adalah Golf R berpelat nomor diduga palsu.

‘Gerombolan Siberat’ diketahui meninggalkan tempat kejadian perkaran pada pkl. 4.50 pagi waktu setempat dengan toilet seberat 103 kg di kabin belakang Golf R. Penegak hukum telah merilis gambar Golf R yang tertangkap kamera CCTV.

Kendaraan lain yang dipakai dalam pencurian sudah berhasil ditemukan oleh polisi. Dua orang yang diduga anggota komplotan pencurian sudah dalam rumah tahanan.

Polisi kini berburu dengan waktu menjadi tiga anggota komplotan lain, Golf R biru dan kepingan-kepingan besar toilet emas yang mereka curi.

Toilet emas itu sendiri sudah ada sejak beberapa tahun lalu dan telah berkeliling berbagai tempat untuk dipamerkan. Tempat pembuangan yang dapat difungsikan secara penuh tersebut pada 2016 menjadi pertunjukan di Guggenheim Museum, New York, Amerika Serikat.

Uniknya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump pernah ditawarkan untuk dipinjamkan toilet emas tersebut. Namun, kepala negara kontroversial ini--untungnya--menolak tawaran. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support