VW Resmi Berganti Logo, Bentuknya Terlihat Lebih Retro

Berita Otomotif

VW Resmi Berganti Logo, Bentuknya Terlihat Lebih Retro

FRANKFURT - Volkswagen (VW) memperkenalkan logo baru dengan desain lebih simpel dan retro. Namun di balik itu, proses pembuatannya jauh dari kata simpel.

VW, seperti dikabarkan oleh Carscoops, memanfaatkan Frankfurt Motor Show 2019 untuk memperkenalkan logo teranyar mereka. Salah satu pameran otomotif paling bergengsi dunia itu sendiri berlangsung sejak 12 September kemarin hingga 22 September 2019.

Logo terkini VW memperlihatkan desain dua dimensi yang datar, lebih ‘polos’ dan sudah disederhanakan hingga hanya terdiri dari elemen-elemen intinya. Pabrikan asal Jerman ini juga menjelaskan bahwa logo baru punya ‘fleksibilitas yang tinggi’ serta dibuat dengan memikirkan pengaplikasiannya pada platform-platform digital.

Logo ini pastinya akan terlihat di kantor pusat mereka di Wolfsburg. Logo termutakhir juga akan muncul di kendaraan-kendaraan masa depan VW, disertai dengan iluminasi.

Pabrikan otomotif satu ini mengatakan bahwa mereka membutuhkan waktu untuk membuat logo ini terlihat di mana-mana, menggantikan yang lama. VW menyebut mereka bakal melakukan sebagai ‘salah satu proyek pencitraan ulang (rebranding) terbesar di industri di seluruh dunia’.

Skala pencitraan ulang merek VW memang berskala amat luas. Bagaimana tidak, mereka berbisnis dan hadir di 154 negara.

Ini artinya VW harus mengganti sekitar 70 ribu logo di seluruh dunia, termasuk di antaranya yang ada di 10 ribu-an dealer maupun bengkel resmi. Meski punya ‘pekerjaan rumah’ besar, mereka menargetkan proyek tersebut sudah kelar pada pertengahan tahun depan.

Logo VW kini memang terlihat amat minimalis plus retro. Tapi, prosesnya melibatkan 19 tim internal serta 17 agensi eksternal.

VW memperkenalkan pula apa yang mereka sebut sebagai ‘logo suara’ untuk pertama kalinya. Perusahaan ini menerangkan bahwa ‘logo suara’ bakal ‘membuat merek VW berbeda dalam aspek akustik, baik di kendaraan maupun di komunikasi’.

Klaus Bischoff, Chief Designer VW, memainkan peran kunci dalam pengembangan logo baru. Ia mengatakan bahwa dalam desain logo baru, VW sudah menciptakan platform komunikasi otentik untuk sebuah presentasi emosional dari sebuah mobilitas bertenaga listrik’. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support