VW Group akan Beli Kembali Mobil yang Bermasalah

Berita Otomotif

VW Group akan Beli Kembali Mobil yang Bermasalah

WASHINGTON - Ada kejadian menarik di Amerika Serikat ketika Volkswagen Group sepakat untuk membeli kembali (buy back) hampir 500.000 mobil bermesin diesel mereka yang terkena skandal.

Mobil-mobil yang ditarik itu adalah mobil-mobil model tahun 2009 sampai 2015 yang dianggap tidak sesuai dengan standar emisi yang ditetapkan oleh Environmental Protection Agency Amerika Serikat.

Namun, rincian terkait mobil-mobil yang akan dibeli kembali itu masih akan disusun meski kemungkinan besar akan melibatkan merek Volkswagen dan Audi. Mobil dari kedua merek itu yang menggunakan mesin diesel 2.0 liter kabarnya akan menerima kompensasi yang cukup besar.

Artikel bersambung dibawah

Belum dijelaskan pula mekanisme dari buy back ini apakah Volkswagen Group akan membeli kembali mobil konsumen secara utuh atau setiap mobil akan diuji untuk kemudian potensi kerugiannya dibayarkan secara tunai.

Laporan USA Today menyebutkan langkah buy back ini hanya bakal melibatkan mobil bermesin 2.0 liter, sedangkan mobil-mobil dari merek Audi, Porsche dan Volkswagen yang menggunakan mesin 3.0 liter, V6 belum jelas nasibnya. Untuk jumlah, kemungkinan gerakan baru ini akan melibatkan 482.000 mobil bermesin diesel dari Volkswagen Group yang menggunakan mesin diesel 2.0-liter.

Angka per mobil (ada kabar yang menyebut setiap mobil akan mendapat US$ 5.000 atau sekitar Rp 65,9 juta) memang belum diputuskan oleh hakim federal Charles Breyer.

Tapi pengadilan sudah menyarankan  Volkswagen Group sebaiknya menyiapkan dana sebesar US$ 10 miliar atau sekitar Rp 131 triliun untuk menutupi berbagai pembayaran yang mungkin akan dikenakan pada mereka. Sebab banyak konsumen yang telah melayangkan gugatan pada VW Group. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support