Pemberlakuan Ganjil-Genap Asian Games pada Hari Minggu Mungkin Dihapus

Berita Otomotif

Pemberlakuan Ganjil-Genap Asian Games pada Hari Minggu Mungkin Dihapus

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan bakal mengkaji ulang pemberlakuan ganjil-genap Asian Games 2018 di akhir pekan, khususnya pada Minggu. Di sisi lain, kementerian mengaku puas karena aturan tersebut manjur membuat waktu tempuh para atlet sesuai target.

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan (Menhub), mengungkapkan bakal melakukan evaluasi penerapan ganjil-genap Asian Games 2018 yang bertujuan membatasi jumlah kendaraan di jalan hingga 2 September. Jika dimungkinkan, mobil dengan pelat nomor apa pun bebas melintas di berbagai area Jakarta khusus di satu hari saja yaitu Minggu.

Namun, Budi nantinya menyerahkan keputusan akhir kepada Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) sebagai panitia. Ini karena Inasgoc, menurutnya, adalah pihak yang paling tahu kebutuhan atlet.

Di sisi lain, Budi mengapresiasi masyarakat yang telah membantu memperlancar penyelenggaraan Asian Games 2018 dengan mengikuti aturan ganjil-genap. Hal ini membuat waktu tempuh mobilisasi para olahragawan dari Wisma Atlet Kemayoran menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan sesuai target waktu.

“Saya juga memastikan bahwa bus, kendaraan yang kita siapkan berjalan dengan baik, instansi terkait mempersiapkan itu, masyarakat luas juga telah mendukung kelancaran perhelatan Asian Games 2018, saya mengapresiasi hal itu. Menurut catatan waktu yg ditetapkan panitia bisa dipenuhi jadi tidak ada satu hal yang kurang,” ujarnya seperti dikabarkan dalam keterangan pers kementerian baru-baru ini.

Pemerintah sendiri sebenarnya menyiapkan rencana penutupan beberapa ruas jalan tol di Jakarta. Namun, melihat kelancaran mobilitas para atlet, Budi menilai hal tersebut tak diperlukan. Pemberlakuan ganjil-genap di sejumlah ruas jalan pun telah dibatalkan.

“Satu hal, dalam hal melakukan suatu kendali lalu lintas ini kami juga tidak sewenang-wenang. Terbukti bahwa kami melakukan beberapa hal pengurangan, jalan tol yang semula ditutup semuanya, semula ada 11 atau 7 (pintu tol) kita putuskan tidak ada yang ditutup,” ucap lelaki yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT. Angkasa Pura itu.

Andri Yansyah, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, mengatakan waktu tempuh mobilisasi atlet dari Wisma Atlet Kemayoran ke tempat pertandingan di Stadion GBK dan kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) masih sesuai target yaitu 30 menit. Kendati begitu, masih ada beberapa rute yang sedikit di bawah waktu tersebut.

“Hanya ada yang di Cibubur dan Taman Mini Indonesia Indah itu juga masih di bawah 34 menit. Sebenarnya aturan dari OCA (Olympic Council of Asia) kan 34 menit,” ungkap Andri. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar