Pasar Otomotif Tembus Rekor Baru di Masa Pandemi, Daihatsu Kebagian Rejeki

Berita Otomotif

Pasar Otomotif Tembus Rekor Baru di Masa Pandemi, Daihatsu Kebagian Rejeki

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mulai merasakan adanya angin segar di tahun 2021 melalui capaian penjualannya di bulan April 2021.

Hal ini dikarenakan penjualan mobil secara nasional pada bulan April berhasil melampaui rekor di bulan Maret 2021. Selama bulan April 2021, tercatat 79 ribu unit mobil terjual atau naik sekitar 2,6% dibandingkan Maret 2021. Hasil ini tidak lepas dari dukungan pemerintah melalui program insentif diskon pajak yang telah diterapkan sejak Maret 2021 lalu.

Kenaikan tersebut pun dirasakan langsung oleh Daihatsu yang penjualannya naik sebesar 10,6%, dengan  pencapaian sekitar 13 ribu unit pada April 2021 dibandingkan Maret 2021. Dengan pencapaian ini, market share Daihatsu di bulan April 2021 naik menjadi 17,2%. Angka ini lebih besar dibandingkan Maret 2021 yang hanya mencapai 16,0%.

Penjualan Daihatsu pada bulan April 2021 pun masih ditopang oleh tiga model utama yaitu Daihatsu Sigra, Daihatsu Gran Max Pick Up dan Daihatsu Terios. Ketiga mobil tersebut memang selama ini dikenal sebagai tulang punggung penjualan Daihatsu di Indonesia.

Daihatsu Ayla

Selama bulan April, Daihatsu Sigra berhasil terjual sebanyak 3.591 unit, yang berkontribusi sebesar 26,3%; disusul Gran Max Pick Up dengan hasil 3.381 unit (24,7%); dan Terios yang mencapai 2.481 unit (18,1%).

Sementara Daihatsu Ayla berhasil duduk di posisi keempat dengan total unit terjual sebanyak 1.844 unit atau berkontribusi sebesar 13,5%. Kemudian Daihatsu Gran Max masih duduk diposisi kelima dengan perolehan 1.193 unit atau 8,7%.

Pada bulan April 2021, Daihatsu Xenia hanya berhasil terjual sebanyak 823 unit dengan kontribusi sebesar 6%. Selanjutna Daihatsu Luxio dan Daihatsu Sirion terjual sebanyak 360 unit dan berkontribusi sebesar 2,6%.

Angka tersebut pun diyakini akan kembali meningkat di masa depan karena Daihatsu telah menghadirkan satu model baru yaitu Daihatsu Rocky. Selain itu, kondisi pandemi di Indonesia pun diharapkan segera membaik, sehingga dapat mempercepat perbaikan ekonomi.

“Daihatsu optimis, pasar mobil di bulan selanjutnya akan tetap bergairah seperti yang terjadi pada bulan Maret dan April 2021. Kami mendukung himbauan pemerintah untuk tidak mudik, karena Daihatsu percaya himbauan ini akan menekan penyebaran Covid-19. Dengan ini maka ekonomi Indonesia bisa kembali kondusif,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar