Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pasar Luar Negeri Tertarik Jual Wuling Binguo EV Rakitan Indonesia

Mobil Listrik

Pasar Luar Negeri Tertarik Jual Wuling Binguo EV Rakitan Indonesia

JAKARTA – Ada kemungkinan mobil listrik Wuling Binguo EV rakitan Indonesia diekspor ke luar negeri.

Binguo EV yang meluncur pada 15 Desember 2023 merupakan mobil listrik kedua Wuling di Tanah Air. Produksinya dilakukan di pabrik Cikarang, Bekasi—sama dengan Air EV, mobil listrik perdana Wuling.

“Setelah kami melakukan pre-launch (Binguo EV pada 16 November 2023—Red), ada beberapa negara yang memang menyatakan tertarik untuk memasukkan Binguo EV ke negara mereka,” aku Sales and Marketing Director PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Dian Asmahani dalam sesi tanya-jawab usai seremoni peluncuran.

Di Indonesia sendiri, Binguo EV dijual seharga Rp358 juta on the road (OTR) Jakarta untuk tipe Long Range (333 km). Selain itu, ada lagi tipe Premium Range (410 km) yang berbanderol Rp408 juta OTR Jakarta.

Wuling Binguo EV

Lebih lanjut, Dian saat ini belum bisa menginformasikan nama negara yang berminat mendatangkan Binguo EV buatan Tanah Air. Ia juga menjelaskan bahwa produksi awal Binguo EV ingin difokuskan terlebih dahulu untuk memenuhi permintaan di pasar dalam negeri.

“Untuk produksi pertamanya nanti kami mau fokuskan ke pasar domestik. Hanya saja, tidak menutup kemungkinan model ini akan diekspor ke negara-negara lainnya,” terang Dian.

“Tetapi, mengenai target (ekspor)nya seperti apa, mungkin kami lihat tahun depan karena ini juga sudah di penghujung tahun. Kami lihat tahun depan untuk permintaan dari negara lain dan prosesnya seperti apa,” lanjutnya.

Wuling Binguo EV

Menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Wuling saat ini mengekspor utuh (completely built up/CBU) empat model. Ada Wuling Formo, Wuling Cortez, Wuling Almaz, plus Wuling Air EV.

Terdapat 10 negara yang masuk daftar negara tujuan ekspor Wuling dari Indonesia. Negara-negara itu ialah Fiji, Nepal, Hongkong, Jepang, Thailand, Brunei Darussalam, Tanzania, Bangladesh, Uganda, Mauritius.

Sepanjang Januari-November 2023, Wuling membukukan ekspor CBU sebanyak 1.425 unit. Volume tersebut melonjak 7.816,7 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy), dari sebelumnya hanya 18 unit. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang