Pandemi Corona Bikin Fitur Penyaring Virus Jadi Perhatian Pembeli Mobil

Berita Otomotif

Pandemi Corona Bikin Fitur Penyaring Virus Jadi Perhatian Pembeli Mobil

JAKARTA – Pandemi virus Corona (Covid-19) mengubah banyak hal, di berbagai aspek. Salah satunya adalah tren fitur penyaring virus di pasar otomotif.

Pandemi Corona menerpa Indonesia mulai Maret 2020. Dalam hitungan bulan, muncul mobil-mobil yang menyertakan fitur filter partikel PM 2.5 yang dapat menyaring virus.

Setidaknya sudah ada dua model di pasar Tanah Air yang dipersentai fitur ini. Pertama adalah MG HS yang mengaspal pada 13 Agustus, juga Toyota Kijang Innova TRD Sportivo yang diperkenalkan pada 17 Agustus.


Rio Sanggau, Chief Executive Marketing PT. Astra Otoparts, menilainya sebagai fenomena menarik di industri otomotif. Menurutnya, pandemi membuat filter udara dalam kabin mulai menjadi atensi para pembeli mobil di Nusantara.

“Dulu, itu bukan merupakan satu hal yang diperhatikan konsumen. Sekarang, dengan dimulainya pandemi, itu jadi perhatian utama,” ucap dia dalam Diskusi Virtual Forum Wartawan Otomotif (Forwot) pada Rabu (2/9/2020).

Menurut dia, sebetulnya sejak dulu mobil telah memiliki komponen bernama cabin filter. Fungsinya menyaring udara yang masuk ke interior. Namun, spesifikasi cabin filter banyak sekali, mulai dari yang kemampuannya standar sampai bisa menyaring virus.


“Ini (cabin filter) banyak sekali tingkatannya. Paling biasa itu yang warnanya putih. Filter dengan kemampuan tinggi berwarna abu-abu dan ada yang hijau. Tapi saya tidak hapal yang hijau itu sudah termasuk ke dalam HEPA (High Efficiency Particulate Air) Filter atau belum,” paparnya.

HEPA Filter merupakan penyaring partikel PM 2.5 yang dianggap amat efektif menyaring sebagian besar bakteri maupun virus yang beredar di udara. Kemampuan filtrasinya disebut-sebut mencapai 99 persen.

Selain baru sedikit jumlahnya, model-model yang mempunyai fitur filter virus di Indonesia masih berkutat di segmen menengah. MG HS dijual mulai Rp 369 juta on-the-road Jakarta, sedangkan Kijang Innova berbanderol Rp 359,15 – 431,95 juta on-the road Jakarta.

Kebanyakan pengguna kendaraan yang ingin memiliki filter virus masih harus membelinya di aftermarket. Rio tidak menjawab pertanyaan mengenai apakah Astra Otoparts berencana memproduksi dan menjual HEPA Filter, baik sebagai OEM (Original Equipment Manufacturing) atau pun untuk aftermarket. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar