Pameran Otomotif Bergengsi Amerika Lagi-Lagi Dibatalkan Karena Covid-19

Berita Otomotif

Pameran Otomotif Bergengsi Amerika Lagi-Lagi Dibatalkan Karena Covid-19

DETROIT - Pameran otomotif North Amerika International Auto Show (NAIAS) 2021 kembali urung digelar karena masih mewabahnya Covid-19, lalu apa strategi cadangannya?.

Pameran yang juga akrab disebut Detroit Motor Show ini telah 2 kali dibatalkan, setelah 2020 kini 2021. Gelaran ini secara rutin menjadi gebrakan pembuka awal tahun banyak pabrikan otomotif dunia untuk menampilkan produk atau teknologi terbaru mereka. 

Pihak penyelenggara selanjutnya mengumumkan backup atau rencana cadangan mereka yakni akan bergabung dengan pameran Motor Bella. Acara ini disebut sebagai jembatan menuju masa depan dalam industri otomotif dunia setelah babak belur dihajar pandemi Covid-19.

Rencananya Motor Bella akan berlangsung 21 - 26 September 2021. Dan akan digelar di area Metro Detroit, Amerika Serikat. 

Ron Albert, Executive Director Motor bella menyatakan bahwa acara baru yang akan mereka gelar ini menangkap semangat kreativitas di masa pandemi Covid-19. Dan dipastikan akan memberikan pengalaman mobilitas baru serta pendekatan yang semakin inovatif untuk memanfaatkan industri juga produk-produknya.

"Pandemi telah menyebabkan perubahan dalam masyarakat dan dunia kita dengan cara yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Dan kita semua harus mencari cara baru serta sangat kreatif dalam menjalankan bisnis," kata Alberts.

detroit motor show 2021 dibatalkan
Jika banyak pameran seperti Tokyo Auto Salon 2021 yang berlangsung secara online, Motor Bella disebutkan akan tetap berlansung sebagai acara fisik alias offline. Namun tentu pengaturannya akan sepenuhnya di luar ruangan dan direncanakan berlangsung di area sangat luas mencapai lebih dari 100 ribu m2.

Albert menambahkan, meskipun pameran otomotif tetap menjadi platform penting untuk mempromosikan inovasi mobilitas baru dan guna membantu orang-orang membuat keputusan besar dalam membeli kendaraan, namun model pameran otomotif tradisional harus berubah.

“Kami tidak bisa mengabaikan gangguan besar yang disebabkan oleh pandemi dan dampaknya terhadap anggaran. Karena itu, kami akan memberikan pengalaman yang luar biasa kepada media, industri otomotif dan publik dengan cara hemat biaya,” jelas Alberts.

Di Indonesia, pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021 secara resmi juga diundur waktu penyelenggaraannya. Jika sedianya akan digelar 18-28 Februari 2021, kini terpaksa diundur dan rencananya menjadi 18 - 28 Maret 2021.

Keputusan ini diambil setelah Pemerintah memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Jawa Bali guna mengatasi penularan Covid-19 yang belakangan penambahan jumlah kasusnya makin memprihatinkan.  

"Seperti yang sudah kami umumkan sebelumnya, Dyandra dan JIExpo sepakat untuk membuat rencana cadangan, kita sebut Plan B dan C, karena situasi pandemik Covid-19 masih fluktuatif dan dinamis," jelas Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar